Note

Cukai Naik, Prediksi Pengusaha: Marlboro dari Rp 35 Ribu Bisa Jadi Rp 38 Ribu

· Views 42
Cukai Naik, Prediksi Pengusaha: Marlboro dari Rp 35 Ribu Bisa Jadi Rp 38 Ribu
Foto: Ari Saputra
Jakarta

Harga rokok akan mengalami kenaikan pada tahun depan sejalan dengan kenaikan tarif cukai. Pada tahun 2023 dan 2024, tarif cukai hasil tembakau (CHT) mengalami kenaikan rata-rata 10%.

Rokok sigaret putih mesin (SPM) termasuk rokok yang akan mengalami kenaikan harga imbas kebijakan tersebut. Besaran kenaikan harga rokok ini diperkirakan sama dengan kenaikan tarif cukai.

"Yang jelas sekitar pasti naiknya sekitar itu, 10% ya 10% juga nanti ada kenaikan, itu proporsional aja. Karena cukai itu kan per batang per bungkus nantinya kan," jelas Ketua Gabungan Produsen Rokok Putih Indonesia (Gaprindo) Benny Wahyudi kepada detikcom, Jumat (4/11/2022).

Sebagai gambaran, lanjutnya, jika harga rokok Marlboro per bungkusnya Rp 35 ribu, dengan kenaikan 10% maka harganya bakal di kisaran Rp 38 ribu. "Iya sekitar gitu bisa nanti Rp 38 ribu (per bungkus) kira-kira begitu," ujarnya.

Gaprindo sendiri merupakan kelompok pengusaha yang menaungi rokok SPM. Selain Marlboro, beberapa merek memiliki produk SPM seperti Dunhill dan Camel.

Namun patut dicatat, hitungan di atas ialah hitungan kasar dan belum pasti. Sebab, dalam kenaikan cukai tersebut belum diketahui apakah ada kenaikan harga jual eceran (HJE) atau tidak.

Kemudian, harga rokok bisa juga berbeda-beda tergantung lokasi atau tempat penjualannya.

"Kadang-kadang gini ada istilahnya cukai dan HJE-nya, saya nggak tahu kenaikan HJE-nya seperti apa, tapi kalaupun ada kenaikan HJE, nanti ada kenaikan cukai, ini yang kadang-kadang agak berat konsumen di pass on, langsung diterjemahkan kenaikan harga, bisa-bisa barang kita nggak laku," paparnya.

(acd/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.