Note

Daftar Calon Kuat PM Malaysia, Mahathir Siap Dipilih Lagi meski Berusia 97 Tahun

· Views 15
Mahathir Mohamad. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Malaysia akan menggelar Pemilihan Umum (pemilu) Raya ke-15 pada 19 November mendatang. Pemilu ini dipercepat dari seharusnya tahun depan terkait gonjang ganjing politik di internal koalisi pemerintah.

Setelah pemilu tentunya akan ada perubahan pemerintahah, bahkan besar kemungkinan pergantian kepemimpinan. Perdana menteri saat ini Ismail Sabri Yaakob masih akan disokong koalisi, namun jalannya tak akan mudah mengingat pesaing politik menyiapkan strategi untuk merebut mayoritas kursi parlemen Majelis Rakyat.

Jajak pendapat “Suara Rakyat Malaysia Menuju PRU15” mengungkap beberapa sosok politisi yang dipilih responden untuk memimpin pemerintahan Malaysia. Survei dilakukan O2 oleh Research Malaysia serta dua lembaga survei, Huayan Policy Institute dan Ilham Center, juga bekerja sama dengan Media in Arms, aliansi lima organisasi media besar.

Siapa-siapa saja politisi Malaysia yang berpeluang menjadi PM:

1. Ismail Sabri Yaakob

Ismail Sabri Yaakob sang petahana berpeluang besar mempertahankan jabatannya. Sebelum ini dia diangkat menjadi PM bukan melalui pemilu karena menggantikan pendahulunya, Muhyiddin Yassin, yang mengundurkan diri.

Hasil survei terhadap pendukung koalisi Barisan Nasional menempatkannya di uturan pertama, disusul Wakil Presiden UMNO Mohamad Hassan dan mantan PM Najib Razak yang kini dipenjara.

Ismail juga didikung Gabungan Parti Sarawak (GPS) untuk menjadi PM jika koalisi itu menang dalam pemilu. Masih berdasarkan hasil survei, bahkan para pendukung Perikatan Nasional, koalisi yang dipimpin mantan PM Muhyiddin Yassin, turut mendukung Ismail.

Daftar Calon Kuat PM Malaysia, Mahathir Siap Dipilih Lagi meski Berusia 97 Tahun
Ismail Sabri Yaakob. (Foto: ist)

Mantan Menteri Pertahanan Malaysia itu memutuskan untuk membubarkan parlemen bulan lalu yang membuka jalan bagi digelarnya pemilu. Dia mengambil keputusan itu setelah berkonsultasi dengan Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah terkait konfkik internal koalisi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.