Note

EUR/USD: Keputusan Suku Bunga Fed

· Views 26

EUR/USD: Keputusan Suku Bunga Fed

Dolar terus melemah secara moderat sejak pembukaan hari perdagangan pada hari ini dan pada awal sesi perdagangan Eropa. Pada saat penulisan, indeks dolar (DXY) berada di dekat 111,03, di bagian bawah kisaran yang terbentuk antara level support dan resistance lokal 114,74 dan 109,37. Meskipun terjadi penurunan, dinamika kenaikan dolar secara keseluruhan terlihat tetap ada.

Para pelaku pasar sedang menunggu hasil pertemuan Fed, yang akan berakhir hari ini, dengan publikasi keputusan suku bunga pada pukul 18:00 GMT. Secara luas diharapkan bahwa suku bunga akan dinaikkan lagi sebesar 0,75%, dan keputusan seperti itu oleh The Fed sebagian besar sudah tercermin dalam kutipan dolar. Investor lebih tertarik pada apa yang dikatakan pimpinan bank sentral AS mengenai prospek kebijakan moneter. Banyak ekonom percaya bahwa suku bunga Fed akan dinaikkan kembali pada pertemuan Desember nanti, dan juga akan sebesar 0,75%, tetapi apa yang akan terjadi selanjutnya masih seperti sebuah rahasia.

Ada juga kemungkinan bahwa para pemimpin Fed dapat mengumumkan perlambatan dalam siklus pengetatan kebijakan moneter pada dini hari ini. Jika ini benar-benar terjadi, maka dolar mungkin jatuh di bawah gelombang penjualan. Mungkin, pelemahan dolar hari ini terkait dengan hal tersebut. Para pembelinya masih terlihat ragu-ragu untuk mendorong harga dolar agar dapat naik, mereka mengharapkan untuk mendengar sinyal konfirmasi dari kepemimpinan Fed yang bertujuan untuk melanjutkan kebijakan yang keras.

By the way, data makro yang sangat positif kemarin dari AS memberikan alasan untuk "bulls" pada dolar untuk masih berharap akan posisi yang sulit dari kepemimpinan Fed mengenai prospek kebijakan moneter.

Data menunjukkan bahwa meskipun kondisi moneter ketat, bisnis manufaktur AS berhasil mengatasinya, juga beroperasi dalam menghadapi inflasi yang tinggi dan ancaman krisis global.

Dengan demikian, indeks manufaktur ISM pada bulan Oktober sebesar 50,2 (berlawanan dengan perkiraan 50,0). Meski lebih lambat dibandingkan bulan September lalu, aktivitas bisnis di sektor manufaktur AS terus terlihat tumbuh di Oktober. Rincian lain dari laporan ISM menunjukkan bahwa indeks ketenagakerjaan naik menjadi 50 (dari sebesar 48,7 pada September) dan indeks pesanan baru naik menjadi 49,2 (dari 47,1 pada September).

Data yang disajikan ISM memperkuat opini tentang stabilitas ekonomi AS.

Sebelum rilis keputusan Fed tentang suku bunga, laporan ADP tentang tingkat pekerjaan di sektor swasta akan diterbitkan hari ini, yang mendahului laporan resmi Departemen Tenaga Kerja AS dan memiliki dampak signifikan pada pasar. Menurut beberapa perkiraan para ekonom, ekonomi Amerika perlu menciptakan sekitar 150.000 pekerjaan baru per bulan untuk menjaga stabilitas pasar tenaga kerja. ADP memperkirakan bahwa 195,000 pekerjaan baru diciptakan di sektor swasta AS pada bulan Oktober. Departemen Tenaga Kerja juga mengharapkan peningkatan indikator NFP sebesar +200,000 pekerjaan baru dan pengangguran 3,6%, sesuai dengan tingkat pra-pandemi minimum. Ini adalah indikator yang sangat positif.

Bersama dengan data yang dipublikasikan kemarin tentang keadaan sektor manufaktur ekonomi Amerika, mereka memberikan lebih banyak alasan untuk mengharapkan keputusan sulit dari The Fed mengenai kebijakan moneter. Dan ini adalah faktor bullish fundamental yang kuat untuk dolar. Adapun indeks DXY-nya, dalam hal ini, tembusnya level resistance "bulat" lokal 114,00, 115,00 akan menjadi sinyal bahwa indeks DXY akan kembali tumbuh.

Dalam skenario alternatif, dan jika pelaku pasar menganggap keputusan dan komentar para pemimpin kebijakan moneter Fed lunak, maka, seperti yang kami sebutkan di atas, dolar mungkin jatuh di bawah gelombang penjualan, dan akan terjadi di seluruh pasar.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
EUR/USD: Keputusan Suku Bunga Fed


Adapun pesaing utama dolar di pasar mata uang euro, kutipannya turun tajam terhadap dolar kemarin segera setelah publikasi laporan ISM, meskipun selama paruh pertama hari perdagangan kemarin pasangan EUR/USD terlihat mengembangkan tren naik.

Harga menembus dua level support jangka pendek yang kuat di 0,9910, 0,9880 pada grafik EUR/USD kemarin, tetapi hari ini masih kembali ke zona tepat di atas level support 0,9880. Pada saat penulisan, pasangan EUR/USD diperdagangkan di dekat tanda 0,9888, menunggu penggerak baru untuk bergerak ke satu arah atau lainnya. Publikasi hari ini sendiri adalah mengenai keputusan Fed tentang suku bunga akan menjadi pendorong seperti itu.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.