Note

Harga Emas Kembali Fuktuatif, Masih Cocok Jadi Investasi Saat Resesi?

· Views 68
Harga Emas Kembali Fuktuatif, Masih Cocok Jadi Investasi Saat Resesi?
Seorang karyawan menunjukkan emas batangan Aneka Tambang (Antam) di Butik Emas Antam, Jalan TB Simatupang, Jakarta, Kamis (23/7/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Suara.com - Harga emas terpantau turun awal pekan ini. Salah satunya adalah Antam yang turun pada Selasa (11/10/2022). Logam mulia ini untuk ukuran satu gram dibanderol di harga Rp941.000. Harga jual tersebut terpantau turun Rp8.000 dibandingkan dengan harga jual Senin (10/10/2022) kemarin. Lalu apakah emas masih cocok jadi investasi saat resesi?

Untuk diketahui, harga Buyback (beli kembali) emas Antam dibanderol Rp822.000 per gram.Harga buyback tersebut juga turun Rp10.000 dibandingkan dengan harga buyback hari. 

Walau demikian, emas dikategoikan sebagai jenis investasi jangka panjang jenis safe heaven. Emas masuk dalam salah satu investasi kategori ini sehingga dipastikan cukup aman meskipun resesi menghadang. 

Emas juga dianggap aset yang aman karena harganya cenderung stabil. Aset dalam emas minim risiko untuk jatuh terlalu jauh. Orang-orang biasanya membeli emas murni atau perhiasan emas yang disimpan sebagai aset. Di samping itu, ada juga bentuk tabungan emas seperti yang ditawarkan oleh Pegadaian. 

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Anjlok Efek Kekhawatiran Badai Krisis Ekonomi

Selain emas, bebeapa jenis investasi safe heaven beikut juga bisa dipilih. 

Reksadana 

Reksadana merupakan instrumen investasi aman yang cocok dimanfaatkan oleh para pemula. Merujuk pada UU Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995  reksadana adalah jenis investasi yang cara kerjanya mengumpulkan uang dari investor yang kemudian dikelola oleh manajer investasi atau MI.

MI yang sudah mengumpulkan uang dari investor akan membaginya ke dalam penempatan investasi yang ada di pasar modal maupun pasar uang. Return atau keuntungan yang didapatkan oleh MI kemudian dikembalikan lagi kepada investor. 

Pembagian pos reksadana ke dalam pasar modal atau pasar uang ditentukan oleh MI. Namun, sebelumnya MI melakukan screening terlebih dahulu tentang profil risiko investor. Investor akan diberi sejumlah pertanyaan yang digunakan untuk menakar risiko investasi. Memilih manajer investasi juga bisa dilakukan lewat aplikasi telepon pintar.

Baca Juga: Turun Rp8.000, Harga Emas Antam Rp941.000/Gram Hari Ini

Surat Berharga Negara (SBN) 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.