Note

Bank BTPN Gandeng Microsoft untuk Atasi Kesenjangan di Bidang Teknologi Informasi

· Views 7


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank BTPN Tbk menjalin kemitraan dengan Microsoft Indonesia melalui program Code, without Barriers (CWB). Program yang diinisiasi oleh Microsoft sejak September 2021 ini bertujuan untuk membantu mengatasi kesenjangan gender di sektor cloud, data, kecerdasan buatan, dan teknologi digital.

Bank BTPN juga menjadi mitra pertama dari kalangan industri perbankan yang bergabung di komunitas CWB di Indonesia. Program ini juga diharapkan bisa mendorong pencipataan lingkungan kerja yang setara dan inklusif melalui berbagai inisiatif stategis termasuk dalam hal pemberdayaan perempuan serta kesetaraan gender.

Mira Fitria Head of Human Resources Bank BTPN memaparkan, implementasi program CWB di Bank BTPN tahun ini akan dibagi dalam tiga komponen utama yaitu Thought Leadership & Advocacy, Talent Pooling melalui program internship, serta Tech Opportunities for Women, dan Co-branding.

Baca juga: BTPN Kini Sediakan Ragam Produk Reksa Dana BNP Paribas AM Bagi Nasabahnya

“Ketiga komponen tersebut selaras dengan pilar employee value proposition kami yaitu ‘Self-growth’ dan ‘Digitally Powered’. Sehingga kolaborasi dengan Microsot Indonesia ini diharapkan dapat menjadi solusi peningkatan kemampuan digital untuk menjawab pemenuhan kebutuhan talenta dan mendorong peluang kerja yang setara bagi kaum perempuan di bidang teknologi informasi di Bank BTPN,” kata Mira dalam siaran pers, Senin (26/9/2022).

Sementara itu, Chief Financial Officer Microsoft Indonesia Krishna Worotikan mengungkapkan, untuk memastikan terwujudnya dunia digital yang inklusif, perlu adanya pengembangan bakat di bidang teknologi.

Krishna mengungkapkan, jumlah perempuan yang menekuni bidang data dan kecerdasan buatan masih berada di angka 30 persen. Angka ini turun menjadi di bawah 20 persen untuk bidang komputasi awan.

Baca juga: Ongki Wanadjati Dana Mundur dari Jabatan Dirut BTPN

“Kita perlu semakin memberikan kesempatan kepada perempuan untuk mengembangkan bakat di bidang teknologi untuk mendukung perempuan agar semakin percaya diri dalam mengejar karier di bidang ini. Dengan bergabungnya Bank BTPN dalam Code, Without Barriers, kami percaya kita dapat semakin mempercepat perwujudan dunia digital yang inklusif,” tegas Krishna.

Mira menambahkan, dengan kolaborasi bersama Microsoft, diharapkan dapat menginspirasi pelaku industri keuangan lainnya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta akselerasi transformasi perbankan digital di Indonesia.

“Merupakan kehormatan bagi Bank BTPN dapat berkolaborasi dengan Microsoft dan menjadi mitra pertama dari industri perbankan di Indonesia. Semoga kerja sama ini ini menginspirasi pelaku industri keuangan lainnya mendorong pertumbuhan ekonomi serta akselerasi transformasi perbankan digital,” tegas Mira.

Baca juga: 25 Bank Termasuk BTPN Resmi Jadi Peserta BI Fast, Simak Daftar Lengkapnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.