Note

7 Istilah Penting dalam Reksa Dana yang Harus Diketahui Investor, Apa Saja?

· Views 36
7 Istilah Penting dalam Reksa Dana yang Harus Diketahui Investor, Apa Saja?
7 Istilah Penting dalam Reksa Dana yang Harus Diketahui Investor, Apa Saja? (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Ada sejumlah istilah penting dalam Reksa Dana yang harus diketahui investor sebelum berinvestasi. Reksa dana adalah instrumen investasi yang menghimpun dana masyarakat untuk diinvestasikan kembali ke dalam surat berharga seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang. Dana tersebut nantinya dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi. 

Pada umumnya, Reksa Dana yang ditawarkan ke masyarakat bentuknya sangat beragam. Meski demikian, Reksa Dana yang dijual ke masyarakat umum selama ini adalah Reksa Dana terbuka yang memungkinkan investor berinvestasi dan mencairkan dananya kapan saja. 

BACA JUGA:
Investasi Reksa Dana Dinilai Paling Cocok di Kondisi Ekonomi Saat Ini

Investasi Reksa Dana merupakan salah satu investasi yang memiliki potensi keuntungan menjanjikan. Bagi Anda yang berminat berinvestasi Reksa Dana, Anda perlu mengetahui beberapa istilah penting di dalamnya. Berikut ini IDXChannel merangkum sederet istilah penting dalam Reksa Dana yang harus diketahui investor. Apa saja? Yuk, simak!

Daftar Istilah Penting dalam Reksa Dana yang Harus Diketahui Investor

Beberapa istilah yang perlu Anda ketahui sebelum memulai investasi Reksa Dana antara lain sebagai berikut. 

BACA JUGA:
Tips Mudah Nabung Reksa Dana, Pemula Wajib Pakai MotionTrade.

1. Manajer Investasi

Manajer Investasi merupakan badan atau perusahaan atau bisa juga perseorangan yang  diberi wewenang untuk mengelola aset investor. Manajer investasi harus memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Biasanya, peran Manajer Investasi dijalankan oleh sebuah perusahaan manajemen aset. 

2. Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Nilai Aktiva Bersih (NAB) merupakan sejumlah dana investor (masyarakat) yang dikelola oleh sebuah Reksa Dana. NAB dihitung dari total harga aset dalam Reksa Dana baik saham, obligasi, maupun pasar uang yang dikurangi biaya operasional seperti pajak dan biaya bank kustodian. 

3. Instrumen Investasi

Instrumen Investasi adalah sarana untuk berinvestasi atau menanamkan modal yang dihimpun oleh Reksa Dana. Di dalam Reksa Dana, terdapat tiga jenis Instrumen Investasi antara lain obligasi, saham, dan pasar uang. 

4. Unit Penyertaan (UP)

Unit Penyertaan (UP) adalah hasil pembagian modal investasi dengan NAB Reksa Dana. Unit Penyertaan ini merupakan bukti keikutsertaan Anda dalam berinvestasi di produk Reksa Dana. Unit Penyertaan ini tidak akan bertambah ataupun berkurang jika investor tidak menjual atau menambah investasinya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.