Note

Siap Beroperasi Penuh, Bekasi-Kampung Melayu Hanya 30 Menit Lewat Tol Becakayu

· Views 13
Siap Beroperasi Penuh, Bekasi-Kampung Melayu Hanya 30 Menit Lewat Tol Becakayu
Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kp. Melayu atau tol Becakayu. ANTARA/HO-BPJT Kementerian PUPR

Suara.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR memastikan ruas jalan tol Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) siap dioperasikan secara penuh. Ruas tol yang dibangun dengan konstruksi layang (elevated) membentang dari wilayah Bekasi sampai dengan wilayah Kampung Melayu sepanjang 16,02 Km.

Kesiapan operasional tol Becakayu setelah beberapa waktu lalu dilaksanakan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) pada beberapa ruas Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu.

"Sebentar lagi tepatnya di On Ramp Prumpung, On Ramp Casablanca (Looping Pasar Gembrong), dan koneksi sisi Timur Jalan Tol Wiyoto Wiyono ke Jalan Tol Becakayu akan siap dioperasikan," tulis BPJT seperti kutip dalam keterangan tertulisnya di situs resminya, Minggu (18/9/2022).

Jalan Tol Becakayu memiliki dua seksi yaitu, Seksi 1 Kasablanka-Jaka Sampurna sepanjang 11,9 Km yang saat ini sudah beroperasi.

Baca Juga: Pemerintah Pastikan Tol Becakayu Akan Dibangun Sampai ke Tambun, Warga: Bekasi Semakin Megah

Selanjutnya untuk Seksi 2a Jaka Sampurna – Kayuringin sepanjang 4,12 Km dan Seksi 2a - Ujung Kayuringin - Margajaya progres konstruksi seluruhnya telah mencapai 100% dan ditargetkan menjelang akhir tahun 2022 mendatang juga selesai konstruksinya dan siap beroperasi.

"Sebelum adanya Jalan Tol Becakayu, waktu tempuh berkendara dari Kota Bekasi menuju Jakarta sekitar dua jam perjalanan, namun setelah adanya kehadiran Jalan Tol Becakayu akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari Bekasi ke Kampung Melayu dan ditempuh menjadi lebih cepat hanya dalam waktu 30 menit saja," tulis BPJT

Jalan Tol Becakayu juga juga mejadi salah satu solusi dalam mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan yang terjadi di Jalan Raya Kalimalang dan Tol Jakarta Cikampek karena sering terjadi penumpukan volume kendaraan di Gerbang Tol Halim.

Selain itu Jalan Tol ini akan mengurangi volume lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek bagi kendaraan yang akan mengarah ke sekitar Bekasi maupun Jakarta.

Sehingga Jalan Tol ini nantinya juga akan meningkatkan kelancaran lalu lintas kendaraan logistik yang menuju Bekasi, Karawang, Cibitung, dan sekitarnya.

Baca Juga: Tol Becakayu Dikabarkan Amblas? Simak Penjelasan Polisi

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.