Note

Menegangkan, Penjaga Pantai Yunani Tembak Kapal Turki

· Views 31
Turki menyebut kapal kargo Anatolia ditembak Penjaga Pantai Yunani (Foto: Reuters)

ANKARA, iNews.id - Kapal kargo Turki ditembak kapal Penjaga Pantai Yunani dalam insiden pada Sabtu lalu. Keterangan berbeda disampaikan pihak Yunani yang menyebutkan kapal mereka hanya melepaskan tembakan peringatan di lepas pantai Aegea.

Akibatnya kapal berbendera Komoro bernama Anatolia itu mengalami kerusakan ringan akibat terkena tembakan. Sementara Penjaga Pantai Yunani bersikeras mereka hanya memberikan tembakan peringatan.

Media Turki merilis rekaman video yang diambil oleh kru kapal Anatolia. Tayangan menunjukkan kapal Penjaga Pantai Yunani berlayar di samping kapal kargo. Video juga menunjukkan beberapa lubang peluru di jendela dan dinding kapal yang disebutkan hasil dari tembakan senjata ringan Yunani.

Kementerian Dalam Negeri Turki, dikutip dari RT, Senin (12/9/2022), menyatakan kapal kargo menjadi target tembakan Penjaga Pantai Yunani saat berlayar di lepas pantai Pulau Bozcaada di perairan internasional. 

Pihaknya langsung mengirim dua kapal Penjaga Pantai Turki untuk membantu Anatolia, namun kapal Yunani langsung meninggalkan daerah itu setelah mengetahui ada kapal yang mendekat.

Sementara itu Penjaga Pantai Yunani menjelaskan, kapal Anatolia melakukan aktivitas mencurigakan di perairan yang mereka klaim yakni di barat laut Lesbos, pulau besar di dekat pantai Turki. 

Menurut keterangan tersebut, petugas penjaga pantai sudah menghubungi kru Anatolia agar mengubah arah dan meninggalkan perairan teritorial Yunani. Namun Anatolia tidak patuh sehingga pihaknya melepaskan tembakan peringatan. 

Setelah itu, bunyi pernyataan, Anatolia mengubah arah ke perairan Turki.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.