Note

7 Saham yang Menarik Dikoleksi Saat Harga Batu Bara Semakin Meroket

· Views 26
7 Saham yang Menarik Dikoleksi Saat Harga Batu Bara Semakin Meroket
Kapal tongkang bermuatan batu bara di perairan Sungai Mahakam di tengah Kota Samarinda. [Istimewa]

Suara.com - Salah satu standar dalam memilih instrumen investasi adalah prospeknya dalam jangka panjang, saham adalah salah satunya. Saham batu bara cukup menarik untuk dikoleksi para investor. Di samping harganya yang tinggi, batu bara adalah komoditas yang sangat dibutuhkan di Indonesia sehingga perputaran bisnis sektor ini masih akan berjalan. 

Jika anda adalah salah satu yang tertarik mengoleksi saham batu bara, berikut lima di antaranya. Saham ini direkomendasikan untuk investasi jangka panjang. 

1. Bukit Asam (PTBA)

PT Bukit Asam merupakan perusahaan yang bergerak di bidang energi. Bergerak di industri tambang batu bara, perusahaan ini mencatatakan laba Rp1,77 triliun atau meningkat 38,04% dari laba bersih tahun sebelumnya. Bersamaan dengan kenaikan pendapatan, harga saham PTBA naik setelah sebelumnya mengalami kontraksi pada Januari-September 2021. 

Baca Juga: SPBU Vivo Kehabisan Stok BBM, Se Indonesia Cuma Ada 18 Stasiun

2. Adaro Energy (ADRO) 

Saham ADRO menunjukkan performa cemerlang pada paruh pertama 2022. Harga jual rata-rata (ASP) yang naik menjadi faktor utama kinerja ciamik perusahaan batubara ini. Dibanding tahun lalu, harga jualnya melonjak 117%. Emiten pertambangan batubara ini membukukan laba bersih senilai USD 1,21 miliar atau 613% dari realisasi laba bersih pada periode yang sama tahun lalu.   

3. Indika Energy (INDY)

Indika Energy menjadi saham bidang energi yang layak dikoleksi. Sama seperti Adaro, performa INDY melejit di pasar saham setelah melaporkan kinerja keuangan perusahaan yang positif dalam paruh pertama 2022. INDY pada bulan lalu masuk dalam jajaran saham paling top, ditutup melesat 11 persen ke level Rp2.850 per saham. 

Nilai transaksi saham INDY mencapai Rp302,21 miliar dengan volume transaksi yang diperdagangkan yakni 109,38 juta lembar saham. Tak hanya di dalam negeri, investor asing juga mengincar saham INDY Rp40,65 miliar di seluruh pasar.

Baca Juga: BPBD Sumedang Gelar Sosialisasi dan Mitigasi Bencana Alam

4. Indo Tambangraya Megah (ITMG)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.