Note

Pratinjau HICP Zona Euro: Prakiraan dari Lima Bank Besar, Inflasi Belum Mencapai Puncaknya

· Views 42

Eurostat akan merilis data Indeks Harmonisasi Harga Konsumen (HICP) untuk bulan Agustus pada hari Rabu, 31 Agustus pada pukul 09:00 GMT (16:00 WIB) dan seiring dengan semakin dekatnya kita dengan waktu rilis, berikut ini adalah ekspektasi yang diperkirakan oleh para ekonom dan peneliti dari lima bank besar mengenai inflasi Uni Eropa yang akan datang.

Untuk bulan Agustus, HICP tahunan utama terlihat sedikit lebih tinggi di 9,0%, dengan angka inti juga kemungkinan akan mengalami sedikit kenaikan menjadi 4,1%. Secara bulanan, HICP di benua lama diperkirakan akan naik menjadi 1,1% vs 0,1% yang dibukukan pada bulan Juli, sementara HICP inti diramalkan pada 0,4% terhadap angka sebelumnya -0,2%.

Commerzbank

"Pada bulan Juli, tingkat inflasi di kawasan Euro mencapai 8,9%, level tertinggi sejak dimulainya serikat moneter. Untuk bulan Agustus, ada tanda-tanda sedikit penurunan menjadi 8,8% berkat penurunan harga bensin dan minyak pemanas. Namun, ini tidak berarti bahwa titik tinggi inflasi sudah berlalu. Tren kenaikan harga yang mendasari kemungkinan telah meningkat lagi di bulan Agustus. Tingkat inflasi inti – yaitu tingkat perubahan tahun-ke-tahun dalam indeks harga konsumen yang tidak termasuk harga energi, makanan, alkohol, dan tembakau yang mudah berubah – kemungkinan telah meningkat dari 4,0% menjadi 4,3%. Dan tingkat inflasi makanan juga kemungkinan telah meningkat secara signifikan menjadi lebih dari 10%. Pada bulan September, tingkat inflasi bisa menandai titik tertinggi baru sepanjang masa. Berakhirnya tiket 9 Euro untuk transportasi umum dan diskon bensin di Jerman pada akhir Agustus saja akan mendorong tingkat inflasi naik lebih dari 0,3 poin persentase. Harga gas kemudian kemungkinan akan kembali melonjak pada bulan Oktober ketika banyak utilitas di Jerman memungut biaya tambahan gas untuk pertama kalinya. Hal ini bisa mendorong tingkat inflasi di Zona Euro di atas 10%."

Danske Bank

"Kami melihat perlambatan marjinal dalam inflasi inti menjadi 3,9%, tetapi peningkatan lebih lanjut dalam inflasi umum menjadi 9,2% didukung oleh harga energi yang lebih tinggi. Berbeda dengan AS, kami belum melihat puncak inflasi di kawasan Euro dan kami mengharapkan kenaikan lebih lanjut ke tingkat dua digit di kuartal IV, meninggalkan tekanan untuk kenaikan ECB lebih lanjut."

TDS

"Sementara penurunan harga bahan bakar akan membebani inflasi di seluruh kawasan Euro, kami masih mengharapkan akselerasi lain dalam HICP Jerman, sebagian besar karena kenaikan harga gas dan listrik yang kuat. Namun, kami pikir penurunan bahan bakar akan cukup untuk membuat inflasi kawasan Euro secara agregat tidak berubah di 8,9% YoY, meskipun inti menguat menjadi 4,2% YoY."

SocGen

"Kami memperkirakan pembacaan bulan Agustus akan menunjukkan peningkatan HICP sebesar 10 bp menjadi 9,0% YoY, meskipun harga bensin turun dan inflasi inti sebesar 30 bp menjadi 4,3% YoY. Secara keseluruhan, kami pikir inflasi makanan dan inti yang lebih kuat dapat mendorong inflasi ke puncak siklus 9,7% pada bulan September. Menurut kami, HICP akan mencapai rata-rata 8,2% tahun ini dan 6,1% tahun depan, sementara kami melihat inflasi inti rata-rata 3,9% pada tahun 2022 dan 4,4% pada tahun 2023."

Citibank

"Kami memperkirakan HICP utama akan berada di 9,0% YoY, naik dari 8,9% di bulan Juli, dan HICP inti di 4,2% YoY. Ini akan menyiratkan MoM yang disesuaikan secara musiman untuk inti sebesar 0,6% MoM, mereplikasi laporan kuat bulan Juli."

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.