Note

Data lemah dari Tiongkok memperkuat ketakutan akan resesi global yang mendekat

· Views 32

Selera risiko menurun tajam setelah Tiongkok merilis data aktivitas yang lemah untuk bulan Juli. Harga minyak juga telah jatuh ke level terendah sejak Februari, sementara permintaan untuk aset yang aman, seperti Dolar, meningkat.

NZD/USD

Reserve Bank of New Zealand akan mengadakan pertemuan pada hari Rabu, dengan suku bunga diperkirakan akan dinaikkan sebesar 0,50% menjadi 3%. Jika inflasi dan upah melebihi ekspektasi, maka kenaikan suku bunga bisa mencapai 0,75%, sama seperti yang dilakukan Federal Reserve pada dua pertemuan terakhirnya.

Dalam hal Treasury, imbal hasil obligasi AS bertenor 10 tahun menurun dari 3,47% pada pertengahan Juni menjadi 2,89%, terutama karena prospek pertumbuhan yang melemah, yang mendorong pasar untuk mengevaluasi penurunan suku bunga Fed pada pertengahan tahun depan.

Hal ini tidak dapat dikatakan ke Selandia Baru bahwa tekanan inflasi inti terus meningkat. Angka tersebut saat ini berada di antara 4,8% dan 6,1%, tidak menunjukkan tanda-tanda menurun.

Data lemah dari Tiongkok memperkuat ketakutan akan resesi global yang mendekat

Ini hanya berarti bahwa perjuangan melawan inflasi masih jauh dari kata selesai, terutama karena pertumbuhan upah yang cepat merupakan sumber risiko yang signifikan.

Meskipun peningkatan 7,0% di sektor swasta merupakan kabar baik bagi rumah tangga, bagi RBNZ ini berarti suku bunga mungkin tidak seketat yang diperkirakan sebelumnya. Ini menyiratkan bahwa suku bunga mungkin perlu naik di atas 4% untuk mengurangi tekanan inflasi domestik.

Berbicara tentang posisi NZD, laporan CFTC mingguan menunjukkan bahwa itu masih mendekati netral, dengan posisi net short menurun 81 juta selama seminggu menjadi -17 juta. Margin bearish tampak minimal, sedangkan harga settlement dekat dengan rata-rata jangka panjang.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Data lemah dari Tiongkok memperkuat ketakutan akan resesi global yang mendekat

Seminggu sebelumnya, NZD/USD diperkirakan akan bergerak ke area resistance 0,6380/90, tetapi bulls berhasil mendorongnya naik. Sekarang, momentum melemah, yang menimbulkan keraguan untuk kenaikan harga lebih lanjut.

Pasangan ini juga berada dalam channel bearish jangka panjang, dan tidak ada tanda-tanda reversal bullish. Ini berarti bahwa skenario yang paling mungkin untuk minggu mendatang adalah range trading, dengan harga akan menuju ke 0,6570/90 jika RBNZ mengambil pendekatan agresif terhadap kebijakan moneternya.

Jika RBNZ berfokus pada faktor-faktor yang menunjukkan perlambatan inflasi, maka pasangan akan diperdagangkan sedikit lebih rendah dan bergerak menuju 0,6190/6210.

AUD/USD

National Australia Bank menurunkan perkiraan pertumbuhan jangka pendeknya. Mereka menyatakan bahwa konsumsi melemah, sementara risiko inflasi tetap tinggi, yang menahan pertumbuhan PDB. Mereka juga memperkirakan inflasi akan mencapai puncaknya di angka 7,5% pada Q4, kemudian secara bertahap turun menjadi 3% pada tahun 2023.

Dalam hal suku bunga, Reserve Bank of Australia menyatakan bisa naik sebesar 0,50% pada bulan September, kemudian naik lagi sebesar 0,25% pada bulan Oktober dan November. Jika inflasi menunjukkan tanda-tanda menurun, maka tingkat inflasi akan berada di angka 2,85% pada akhir tahun.

Spread imbal hasil akan sangat bergantung pada seberapa besar inflasi di Australia dan AS pada akhir tahun. Sejauh ini, situasinya tidak terlihat karena dengan suku bunga yang lebih rendah, kemungkinan inflasi di Australia akan naik atau kira-kira sama dengan AS.

Berbicara tentang penentuan posisi AUD, laporan CFTC mingguan menunjukkan bahwa posisi net short naik sebesar 140 juta menjadi -4,012 miliar. Tepi bearish masih signifikan, dan praktis tidak ada alasan untuk mengharapkan pertumbuhan. Harga settlement juga berada di bawah rata-rata jangka panjang dan terus mengarah ke bawah.

Data lemah dari Tiongkok memperkuat ketakutan akan resesi global yang mendekat

Seminggu sebelumnya, AUD/USD diperkirakan akan bergerak ke area support di 0,6860/70, namun hal itu tidak terjadi. Meskipun demikian, tidak ada yang berubah dalam jangka panjang, dan pasangan ini tetap pada sisi negatifnya. Namun, jika RBNZ menunjukkan bias hawkish hari ini, maka kemungkinan akan naik ke 0,7175. Skenario yang sedikit lebih mungkin adalah bahwa puncak lokal di 0,7138 telah terbentuk dan penurunan akan berlanjut. Target jangka panjang masih di 0,6464.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.