Note

Jokowi Tekankan Pentingnya Jaga Pasokan Pangan Nasional

· Views 10
Jokowi Tekankan Pentingnya Jaga Pasokan Pangan Nasional

Petani memanen tanaman mendong di Kampung Cikadung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (5/8/2022). Presiden Jokowi menegaskan kembali pentingnya menjaga pasokan pangan di Tanah Air karena adanya krisis pangan yang sedang melanda sejumlah negara di dunia.

Foto: ANTARA/Adeng Bustomi
Jokowi juga menegaskan pentingnya menjaga distribusi pangan agar tidak timpang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan dan penanaman kelapa genjah bersama para petani di Dukuh Samin, Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (11/8/2022). Dalam keterangannya, Jokowi menegaskan kembali pentingnya menjaga pasokan pangan di Tanah Air karena adanya krisis pangan yang sedang melanda sejumlah negara di dunia.

“Kita pun harus hati-hati dan harus waspada terhadap yang namanya krisis pangan, jangan sampai terjadi di negara kita Indonesia. Oleh sebab itu, menjaga pasokan pangan wajib," ujar Jokowi.

Baca Juga
  • Badan Meteorologi Inggris Peringatkan Panas Ekstrem
  • Kemendag Target Ekspor CPO Tembus 4 Juta Ton Bulan Ini
  • Wapres: Pesantren Harus Jadi Offtaker agar Program OPOP Terus Menghasilkan Produk Terbaik

Selain pasokan pangan, Jokowi juga menegaskan pentingnya menjaga distribusi pangan agar tidak terjadi ketimpangan antardaerah yang dapat menyebabkan harga pangan ikut meningkat. Karena itu, ia juga mendorong para petani untuk mulai menanam komoditas pangan yang bisa menjadi substitusi bahan pangan impor.

"Misalnya, urusan gandum, ini gandum di kita ini bisa dicampur dengan cassava, dicampur misalnya sorgum, dicampur dengan sagu. Saya kira ini akan sangat mengurangi impor kita," ucapnya.

Selain itu, Jokowi juga menegaskan pentingnya menjaga nilai inflasi bahan pangan agar tetap stabil sehingga tidak menurunkan daya beli masyarakat.

"Menjaga inflasi bahan makanan, bahan pangan, harus dijaga inflasinya sehingga kenaikan harganya tidak memberatkan daya beli masyarakat," kata dia.

Dalam kegiatan ini, juga turut dihadiri Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Sukoharjo Etik Suryani.

 

Jokowi Tekankan Pentingnya Jaga Pasokan Pangan Nasional
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.