Note

RI Target Ekspor CPO 4 Juta Ton, TBS Sawit Naik Jadi Rp 2.000/Kg

· Views 31
RI Target Ekspor CPO 4 Juta Ton, TBS Sawit Naik Jadi Rp 2.000/Kg
Foto: Jhoni Hutapea
Jakarta

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menargetkan volume ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) pada Agustus bisa naik menjadi 4 juta ton. Hal itu dilakukan karena sudah ada berbagai macam pelonggaran terhadap jatah ekspor pengusaha sawit.

Ia menjelaskan sejauh ini jatah ekspor CPO memang telah dinaikkan menjadi sembilan kali lipat yang sebelumnya hanya lima kali lipat dan tujuh kali lipat. Kemudian, jika pengusaha mampu memproduksi minyakita dalam kemasan jatah ekspor juga akan ditambah lagi 1,5 kali.

"Dengan begitu bulan ini bisa ekspor 4 juta ton CPO (sebelumnya 3,4 juta)," katanya dalam sambutan dalam Peluncuran Minyakita ke Indonesia Timur di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara Kamis (11/8/2022).

Percepatan ekspor itu dilakukan untuk menurunkan isi tangki pasokan CPO yang menurut Zulhas masih penuh. Dengan menurunkan atau mengosongkan isi tangki harapannya harga tandan buah segar (TBS) sawit bisa naik di atas Rp 2.000/kg

"Sekarang di Sumatera sebagian besar sudah Rp 2.000. Di Jambi Rp 2.034, di Riau Rp 2.138. Mudah-mudahan ini Agustus sudah Rp 2.000 ke atas, rata-rata," tutur Zulhas.

(ada/hns)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.