Note

Korsel Bantu 4 Hal di Proyek IKN, dari Pemurnian Air Sampai Pembangunan "Immerse Tunnel"

· Views 16

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Korea Selatan, ada empat hal dibahas dan disepakati terkait pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Empat hal tersebut disepakati pemerintah dengan Pemerintah Korea Selatan dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Agraria, Infrastruktur dan Transportasi (MOLIT).

Berikut empat hal kerja sama tersebut. 

Baca juga: Hasil Kunjungan Jokowi ke Korsel, Posco-Krakatau Steel Sepakati Investasi Rp 52,2 Triliun

Pemurnian air

Ia mengatakan, Pemerintah Korea Selatan akan membantu pembangunan instalasi pemurnian air di IKN Nusantara.

"Pertama, Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan akan membantu melalui hibah pembangunan instalasi pemurnian air dengan kapasitas 300 liter/detik," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Jumat (29/7/2022).

Basuki mengatakan, pihaknya sudah mengunjungi contoh instalasi pemurnian air tersebut di Hwaseong Water Purification Plant.

Ia menilai, sistem pemurnian air tersebut menggunakan teknologi terbaik yang sudah diaplikasikan di negara tersebut sehingga air sudah siap untuk diminum.

"Sangat reliable karena proses pengolahan akhirnya dilakukan dengan metoda ozonisasi,” ujarnya.

Baca juga: ITDP: Desain Ruang Jalan IKN Nusantara Belum Utamakan Pejalan Kaki dan Pesepeda

Pengolahan limbah cair

Basuki mengatakan, kerja sama kedua yang sudah disepakati adalah pembangunan instalasi pengolahan limbah cair untuk IKN Nusantara.

Proyek smart village

Kemudian, ketiga, akan dibangun proyek smart village di IKN Nusantara yang terdiri dari 100 unit rumah sebagai percontohan. Pembangunan akan dimulai pada 2023 mendatang.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.