Note

Apa Itu Resesi Ekonomi? Berikut Pengertian dan Indikatornya

· Views 77
Apa Itu Resesi Ekonomi? Berikut Pengertian dan Indikatornya
apa itu resesi ekonomi - Ilustrasi krisis ekonomi, resesi, bangkrut, crash market, global recession, inflasi (pixabay.com)

Suara.com - Dampak Covid-19 selama dua tahun ini benar-benar mengerikan. Bukan hanya memakan banyak korban jiwa, tapi juga krisis keuangan yang mengancam di berbagai Negara. Hal ini pun dikhawatirkan akan memicu resesi ekonomi secara global. Lantas, apa itu resesi ekonomi?

Merebaknya virus Covid-19 dua tahun lalu memang berdampak pada banyak hal, termasuk ekonomi. Adanya pembatasan skala besar membuat keuangan yang mengalami penurunan, PHK besar-besaran, meningkatnya pengangguran, dan ketidakpastian fiskal yang besar. 

Para pakar ekomoni pun menilai bahwa hal ini dapat berpotensi resesi ekonomi. Dalam ilmu ekonomi, kata "resesi" adalah istilah yang tak seorang pun suka mendengarnya. Namun, sebanarnya apa itu resesi ekonomi? Mari simak penjelasannya berikut ini yang dihimpun dari berbagai sumber.

Apa Itu Resesi Ekonomi?

Baca Juga: Ancaman Resesi Ekonomi AS, Harga Minyak Anjlok 3 Persen

Resesi ekonomi adalah penurunan ekonomi yang signifikan yang menyebar ke seluruh perekonomian yang berlangsung lebih dari beberapa kuartal. Lebih khusus lagi, Resesi ekonomi yaitu suatu kondisi ketika produk domestik bruto (PDB) menurun selama dua kuartal berturut-turut. 

Pakar ekonomi menyebutkan ada beberapa indikator yang menentukan kapan resesi ekonomi dimulai. Adapun beberapa indikator resesi ekonomi tersebut yakni sebagai berikut:

  • Penurunan PDB riil
  • Penurunan pendapatan riil
  • Meningkatnya pengangguran
  • Stagnasi produksi industri dan penjualan eceran
  • Penurunan belanja konsumen

Kira-kira berapa lama resesi ekonomi berlangsung? Karena sifat siklus bisnis yang tidak dapat diprediksi secara keseluruhan, sulit untuk mengukur berapa lama resesi biasanya berlangsung. Namun, rata-rata resesi pasca Perang Dunia II berlangsung selama 11 bulan. 

Meskipun tidak menyenangkan dan mengkhawatirkan, resesi adalah kejadian alami dalam ekonomi modern. Umumnya, berakhirnya resesi ditandai dengan titik di mana ekonomi mulai tumbuh kembali, bukan dengan kembalinya ke posisi semula sebelum resesi.

Diketahui, resesi secara global juga pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Adapun resesi yang pernah terjadi tersebut yaitu Resesi Hebat (Desember 2007 - Juni 2009), Resesi Dot-Com (Maret 2001 - November 2001), dan Resesi Perang Teluk (Juli 1990 - Maret 1991).

Baca Juga: Meski Direspon Positif, Masyarakat AS Khawatir Kenaikan Suku Bunga Acuan Picu Resesi Ekonomi

Indonesia sendiri masuk dalam daftar 15 Negara yang berpotensi mengalami resesi ekonomi yang berada di urutan 14 dengan presentase 3 persen. Sedangkan urutan pertama ditempati oleh Sri Langka dengan presentase 85 persen.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.