Note

Dolar AS Mundur, Pasar Pantau Inflasi Zona Euro

· Views 45

Laporan Pengeluaran Pribadi AS kemarin mengecewakan, sehingga Indeks dolar AS (DXY) anjlok dari level tertinggi 105.54 sampai penutupan 104.73 pada sesi New York yang berakhir dini hari tadi. Greenback masih melempem pada kisaran 104.80-an saat berita ditulis pada awal sesi Asia (1/Juli). Sementara itu, EUR/USD berkonsolidasi pada kisaran 1.0470-an menjelang rilis data inflasi Zona Euro nanti sore.

Dolar AS Mundur, Pasar Pantau Inflasi Zona Euro Grafik DXY Daily via TradingView

Laporan Pengeluaran Pribadi AS menyebutkan bahwa indeks PCE Inti hanya tumbuh 0.3 persen (Month-over-Month) pada Mei 2022, atau lebih lemah daripada ekspektasi konsensus yang sebesar 0.4 persen. Indeks PCE Inti dalam basis tahunan juga terkoreksi dari 4.9 persen menjadi 4.7 persen, padahal konsensus sebelumnya memperkirakan penurunan sampai 4.8 persen saja.

Federal Reserve memanfaatkan indeks PCE Inti yang termuat dalam laporan Pengeluaran Pribadi AS sebagai referensi data inflasi utama, termasuk untuk pembuatan kebijakan suku bunga. Pelemahan dalam data kemarin tak terlalu signifikan, sehingga kemungkinan tak berpengaruh pada komitmen The Fed untuk menaikkan suku bunga dalam waktu dekat. Akan tetapi, itu memperkuat peluang berakhirnya siklus pengetatan moneter lebih cepat di masa depan.

Sementara itu, komponen data Belanja Konsumen dalam laporan yang sama malah menampilkan gambaran situasi yang lebih mengecewakan. Belanja Konsumen AS meningkat 0.2 persen pada Mei 2022, atau cuma setengah dari ekspektasi konsensus yang sebesar 0.4 persen. Padahal, Belanja Konsumen berkontribusi menggerakkan dua pertiga aktivitas ekonomi AS.

Para trader dan investor berikutnya menantikan rilis laporan preliminer tentang inflasi Zona Euro. Data tersebut dapat menjadi katalis pada sesi Eropa, karena berpotensi memengaruhi besar kenaikan suku bunga yang akan diumumkan Bank Sentral Eropa (ECB) pada tanggal 21 Juli mendatang.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.