Note

Apakah Warga Usia Lebih dari 65 Tahun Tetap Bisa Berangkat Haji? Begini Jawaban Kemenag

· Views 75
Apakah Warga Usia Lebih dari 65 Tahun Tetap Bisa Berangkat Haji? Begini Jawaban Kemenag
Jamaah Haji asal Indonesia [IDI press release]

Suara.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bangka, menyebut, pembatasan usia jamaah calon haji maksimal 65 tahun adalah kewenangan Kerajaan Arab Saudi.

"Saya berharap bagi masyarakat yang terpaksa belum dapat berangkat ke Tanah Suci Mekah untuk ibadah haji karena faktor usia melampaui batas harap bersabar karena aturan itu dikeluarkan oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Bangka Suparhun, Jumat (13/5/2022).

Pertimbangan aturan ini, menurut dia, salah satunya demi mencegah penyebaran varian virus corona yang dianggap belum sepenuhnya teratasi.

"Prinsipnya pemerintah Indonesia tidak melarang usia di atas 65 tahun berangkat ke Tanah Suci Mekah untuk berhaji, namun untuk sementara ditunda dan berharap tahun depan kembali normal," ujar dia, dikutip Antara.

Baca Juga: Garuda Indonesia Akan Terbangkan Jemaah Calon Haji Embarkasi Makassar Menggunakan Boeing 777

Berdasarkan data yang dilansir dari sumber yang sama, calon jamaah haji asal Kabupaten Bangka yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah sebanyak 112 orang dari 47 laki-laki dan 65 perempuan.

"Usia tertua jamaah calon haji 64 tahun delapan bulan 22 hari dan berusia 25 tahun enam bulan 27 hari," katanya.

Tahapan persiapan pemberangkatan jamaah calon haji asal Kabupaten Bangka sudah mulai dilakukan seperti, layanan vaksinasi meningitis di puskesmas terdekat tempat tinggal jamaah, sosialisasi pemberangkatan, pelunasan dan persiapan lain termasuk jadwal latihan manasik.

"Saya ingatkan seluruh jamaah calon haji dapat menjaga kesehatan dengan baik sehingga tidak mengalami kendala dari mulai berangkat, pelaksanaan ibadah hingga kembali ke Tanah Air," pungkasnya.

Baca Juga: Kuota Haji Kota Solo pada 2022 Ini Sebanyak 260 Orang, Usia Calon Jemaah yang Berangkat Harus di Bawah 65 Tahun

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Apakah Warga Usia Lebih dari 65 Tahun Tetap Bisa Berangkat Haji? Begini Jawaban Kemenag

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.