Note

Indeks Dolar AS Melesat, Harga Emas Tertekan

· Views 153

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas merosot pada akhir perdagangan Selasa (19/4/2022) di tengah penguatan dolar AS dan imbal hasil obligasi Treasury AS.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Juni di divisi Comex New York Exchange anjlok 27,4 poin atau 1,4 persen ke level US$1.959,00 per troy ounce. Sementara itu, harga emas di pasar spot terpantau melemah 0,03 persen ke level US$1.949,48 per troy ounce.

Sementara itu, indeks dolar AS menguat 0,22 persen ke level 101 pada penutupan perdagangan Selasa. Ini merupakan level tertinggi selama lebih dari dua tahun terakhir.

Kenaikan dolar AS membuat emas lebih mahal bagi pembeli yang menggunakan mata uang lainnya. Sementara itu, imbal hasil obligasi AS juga meningkat di tengah ekspektasi bahwa Federal Reserve akan memperketat kebijakan moneternya.

Presiden Fed St Louis,James Bullard pada Senin (18/4) mengulangi pernyataannya untuk meningkatkan suku bunga menjadi 3,5 persen pada akhir tahun untuk mengendalikan inflasi.

Analis UBS Giovanni Staunovo mengatakan komentar-komentar hawkish dari para pejabat The Fed mendorong suku bunga nominal dan riil di AS naik, sehingga membebani harga emas.

“Namun, inflasi tinggi jangka pendek dan risiko geopolitik kemungkinan masih mendukung arus masuk ke produk emas dan kemungkinan akan mempertahankan perdagangan emas di sekitar level saat ini selama beberapa pekan mendatang," ungkap Staunovo, dilansir Antara, Rabu (20/4/2022).

Namun, meskipun emas dianggap sebagai penyimpan nilai yang aman selama krisis politik dan ekonomi, serta kenaikan inflasi, suku bunga yang lebih tinggi dapat meningkatkan peluang kerugian dengan memiliki emas yang tidak memberikan imbal hasil.

"Dalam waktu dekat, kita mungkin melihat beberapa penurunan emas. Mungkin akan turun hingga 1.920 dolar AS," kata kepala strategi pasar Blue Line Futures Phillip Streible.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.