Note

Indeks Dolar AS Anjlok 1,3%, Rupiah Siap Menguat?

· Views 37

Indeks Dolar AS Anjlok 1,3%, Rupiah Siap Menguat?

Indeks Dolar AS Anjlok, Rupiah Menguat?

Rupiah menghentikan pelemahan 2 hari beruntun melawan dolar Amerika Serikat (AS) Rabu kemarin setelah menguat 0,16% ke Rp 14.340/US$. Ditopang membaiknya sentimen pelaku pasar, sepanjang perdagangan kemarin rupiah tidak pernah menyentuh zona merah.

Penguatan rupiah berpeluang berlanjut lagi pada perdagangan Kamis (31/3) melihat indeks dolar AS yang kembali jeblok 0,62% kemarin. Dalam 2 hari, indeks yang mengukur kekuatan dolar AS ini sudah merosot sekitar 1,3%.

Saat sentimen pelaku pasar sedang membaik, dolar AS yang menyandang status safe haven menjadi kurang menarik.

Perkembangan perundingan damai Rusia dengan Ukraina menjadi salah satu yang menentukan apakah sentimen pelaku pasar masih akan terus bagus atau tidak. Selain itu, ada data aktivitas manufaktur dari China yang akan dirilis pagi ini, hal tersebut juga bisa memberikan dampak.

Secara teknikal, rupiah yang disimbolkan USD/IDR masih di atas rerata pergerakan 50 hari (Moving Average 50/MA 50) 100 dan 200. Ketiga MA tersebut bergerak mendatar, yang menjadi indikasi rupiah bergerak sideways, apalagi sejak awal tahun membentuk pola Rectangle.

Batas bawah pola Rectangle berada di kisaran Rp 14.240/US$ dan batas atas di kisaran Rp 14.400/US$. Untuk melihat kemana arah rupiah dalam jangka menengah salah satu level tersebut harus ditembus.

Indikator Stochastic pada grafik harian bergerak naik dan mulai masuk wilayah overbought.

Indeks Dolar AS Anjlok 1,3%, Rupiah Siap Menguat?

Stochastic merupakan leading indicator, atau indikator yang mengawali pergerakan harga. Ketika Stochastic mencapai wilayah overbought (di atas 80) atau oversold (di bawah 20), maka harga suatu instrumen berpeluang berbalik arah.

Stochastic pada grafik 1 jam yang bisa menjadi sinyal pergerakan harian sudah turun tetapi belum masuk wilayah oversold, sehingga peluang penguatan rupiah masih terbuka.

Indeks Dolar AS Anjlok 1,3%, Rupiah Siap Menguat?

Rupiah saat ini masih berada di support Rp 14.340/US$, selama tertahan di atasnya rupiah berisiko melemah ke Rp 14.370/US$, sebelum menuju Rp 14.400/US$ yang merupakan batas atas pola rectangle.

Sementara jika mampu menembus support, rupiah berpeluang menguat ke Rp 14.320/US$ hingga Rp 14.300/US$.

 

Sumber

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.