Note

Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Perempuan, Amartha Salurkan Lebih dari Rp5 Triliun kepada 1 Juta Mitranya

· Views 27
Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Perempuan, Amartha Salurkan Lebih dari Rp5 Triliun kepada 1 Juta Mitranya
Andi Taufan Garuda Putra, CEO dan Founder Amartha, Aria Widyanto, CRSO Amartha dan Rudiantara, Komisaris Utama Amartha, Jakarta, Rabu (9/3/2022). (Suara.com/Nessy F)

Suara.com - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) berupaya untuk terus mempertahankan komitmennya, yaitu memberdayakan perempuan, khususnya para ibu di pedesaan. Sejak berdiri pada tahun 2010, Amartha telah menjangkau 1 juta mitra di seluruh Indonesia dan menyalurkan lebih dari Rp5 triliun.

Amartha merupakan perusahaan teknologi finansial yang fokus pada penyaluran modal usaha bagi UMKM. Saat ini, Amartha telah berhasil menjangkau satu juta perempuan pengusaha mikro di pedesaan melalui akses permodalan, dengan mempertahankan kualitas pinjaman yang sangat baik yang dibuktikan dengan perolehan NPL stabil di bawah 0,5% sejak Juni 2020.

“Setelah 12 tahun berdiri, kami tetap fokus untuk meningkatkan taraf hidup para ibu, kaum perempuan, terutama di pedesaan. Bila kami melakukan riset, pendapatan para ibu di pedesaan naik berkali lipat setelah mendapat pembiayaan dari Amartha,” ujar Chief Risk & Sustainability Officer Amartha, Aria Widyanto, dalam Virtual Media Briefing: Launching Satu Juta Mitra Amartha, yang dilaksanakan secara virtual, Jakarta, Rabu (9/3/2022).

Aria menambahkan, dengan pendapatan yang naik, maka para perempuan mampu meningkatkan taraf hidupnya. “Selain bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, penghasilan mereka juga bisa digunakan untuk membiayai sekolah anak-anak mereka,” tambahnya.

Baca Juga: Amartha Catatkan Pertumbuhan Bisnis Lebih dari 2 Kali Lipat di 2021

Atas prestasi ini, Amartha meluncurkan kampanye #100RibuSejutaPeluang. Kampanye ini berisi ajakan kepada milenial untuk mendukung pertumbuhan UMKM perempuan lewat pendanaan di Amartha.

Untuk mengakselerasi keterlibatan milenial, Amartha menyediakan fitur crowdfunding, yakni fitur yang memungkinkan pendana memberi modal usaha mulai dari 100 ribu rupiah kepada mitra UMKM.

Fitur crowdfunding Amartha sudah tersedia di aplikasi sejak akhir tahun 2021. Dengan fitur ini, maka pendanaan untuk mitra UMKM 2 kali lipat lebih cepat tersalurkan.

Sebelumnya, Amartha menggunakan sistem one-lender-one-borrower bagi pendana individu, yang mana setiap pendana dapat memberikan modal usaha bagi satu orang mitra. Nilai pendanaan bervariasi mulai dari Rp3 - 5 juta.

Dengan fitur crowdfunding, satu mitra UMKM dapat memperoleh modal usaha dari puluhan pendana sekaligus. Ini merupakan salah satu wujud dukungan Amartha terhadap peraturan OJK dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Baca Juga: IBL 2022: Amartha HangTuah Kembali Gunakan Jasa LaQuavius Cotton

Selain mendapatkan imbal hasil yang kompetitif, pendana yang menyalurkan modal lewat Amartha juga telah menciptakan jutaan peluang dan kesejahteraan bagi banyak keluarga Indonesia. Amartha mencatat, 95% mitra berhasil memenuhi kebutuhan dasar setelah bergabung dengan Amartha. Sebanyak 96% mitra juga tercatat dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.