Note

Inflasi Zona Euro semakin Panas, tetapi Suku Bunga ECB tetap Ditahan – Jajak Pendapat Reuters

· Views 260

“Inflasi zona euro akan membara lebih panas sepanjang 2022 dari yang diperkirakan sebulan lalu, yang dapat menekan Bank Sentral Eropa untuk memperketat kebijakan setelah gelombang pandemi Omikron berlalu,” menurut jajak pendapat Reuters terbaru yang diterbitkan selama sesi Asia hari Rabu.

Kutipan Utama

Untuk waktu dekat, virus tetap menjadi hal yang tidak pasti, dengan berbagai perkiraan pertumbuhan ekonomi dalam jajak pendapat 11-18 Januari dan perkiraan median untuk kuartal saat ini dipangkas menjadi 0,5% dari 0,7%.

Lebih dari dua pertiga ekonom yang disurvei mengatakan varian Omicron akan memiliki dampak ekonomi yang lebih ringan daripada Delta, terutama karena pembatasan yang diterapkan sekarang lebih sedikit.

Prakiraan inflasi tahun ini telah meningkat untuk survei ketujuh berturut-turut -- masing-masing naik 0,6 poin persentase untuk kuartal pertama dan kedua menjadi masing-masing 4,1% dan 3,7%, jauh di atas target 2,0% ECB.

Sejauh ini, hasil jajak pendapat mendukung pandangan itu, dengan inflasi ditetapkan turun menjadi 1,9%, tepat di bawah targetnya, pada kuartal keempat dan rata-rata di bawah 2,0% sejak saat itu.

Jadi hampir setiap ekonom memperkirakan suku bunga kebijakan akan tetap stabil hingga tahun depan.

Ditanya kapan ECB akan mengakhiri Program Pembelian Asetnya, sekitar 85% responden, 28 dari 33, mengatakan pada akhir paruh pertama tahun 2023. The Fed sudah mengisyaratkan akan segera mulai melepas kepemilikan obligasinya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.