Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia tergelincir pada awal perdagangan Senin, terseret oleh kerugian saham keuangan dan energi karena kekhawatiran seputar varian virus corona Omicron membuat pasar global gelisah, sementara Magellan Financial Group menukik setelah kehilangan mandat investasi besar.

Indeks acuan S&P/ASX 200 di Bursa Efek Australia merosot 0,4 persen menjasi diperdagangkan di 7.276,50 poin pada pukul 23.52 GMT, menuju penurunan sesi keempat berturut-turut dalam lima sesi terakhir.

Infeksi virus corona baru di Australia tetap meningkat selama akhir pekan, dengan wabah berkembang di dua negara bagian terpadat di negara itu, New South Wales dan Victoria.

Baca juga: Saham Australia berakhir naik didukung sektor tambang dan energi

Namun, para pejabat mengatakan tidak perlu membatasi perayaan Natal bahkan ketika infeksi baru COVID-19 meningkat di Sydney, dengan tingkat vaksinasi yang tinggi di negara itu membantu membuat orang keluar dari rumah sakit.

Saham sektor energi mengikuti harga minyak lebih rendah, karena melonjaknya kasus varian Omicron menimbulkan kekhawatiran bahwa pembatasan baru dapat menekan permintaan bahan bakar.

Perusahaan eksplorasi minyak dan gas utama Santos jatuh sebanyak 2,7 persen ke level terendah sejak 2 Desember, sementara Woodside Petroleum turun 1,9 persen.

Baca juga: Saham Australia menguat karena bank sentral terlihat tetap "dovish"

Sektor keuangan diperdagangkan melemah lebih dari 1,0 persen, dengan apa yang disebut "Empat Besar" turun antara 0,5 persen hingga 0,9 persen.

Magellan Financial merosot sebanyak 30 persen dan berada di jalur untuk sesi terburuk yang pernah ada, karena para fund manager kehilangan mandat investasi dari St James' Place yang berbasis di Inggris, yang saat ini menyumbang sekitar 12 persen dari pendapatan tahunannya.

Sektor pertambangan juga melemah 0,7 persen, dengan BHP Group dan Newcrest Mining masing-masing turun 1,3 persen dan 1,0 persen.

Sementara itu, Rio Tinto menunjuk duta besar Kanada untuk China yang segera berakhir masa tugasnya sebagai ketuanya, berharap hubungan konsultan veteran dengan pasar terbesarnya akan membantu penambang global itu move on dari skandal penghancuran tempat perlindungan batu kuno di Australia. Namun, saham penambang global itu turun 0,7 persen.

Membatasi penurunan indeks acuan, saham teknologi dan perawatan kesehatan masing-masing naik 0,8 persen dan 1,4 persen.

Indeks acuan S&P/NZX 50 Selandia Baru sebagian besar tidak berubah diperdagangkan di 12.722,51 poin.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021