Note

Dolar Naik, Dolar Selandia Baru Melemah Karena Sentimen Suku Bunga RBNZ

· Views 21

Dolar naik pada Rabu pagi di Asia, berhenti setelah melonjak menyusul penunjukan kembali Jerome Powell sebagai Ketua Federal Reserve AS. Dolar Selandia Baru melemah setelah kenaikan suku bunga yang lebih kecil dari perkiraan dari Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) .

The Indeks Dolar AS yang melacak greenback terhadap sekeranjang mata uang lainnya naik tipis 0,08% ke 96,573 pada 11:87 PM ET (04:18 GMT).

Pasangan USD/JPY turun tipis 0,11% menjadi 115. Dolar mencapai level tertinggi lebih dari empat tahun terhadap yen pada hari Selasa setelah imbal hasil Treasury dua tahun melonjak ke level tertinggi sejak Maret 2020, dan dana berjangka Fed juga dihargai peluang tiga kali kenaikan suku bunga pada tahun 2022.

Pasangan AUD/USD turun 0,32% menjadi 0,7204 dan pasangan NZD/USD turun 0,63% menjadi 0,6904.

Pasangan USD/CNY naik tipis 0,02% menjadi 6,3920 sedangkan pasangan GBP/USD turun tipis 0,01% menjadi 1,3373.

RBNZ menaikkan suku bunganya menjadi 0,75% dan menaikkan proyeksi suku bunga jangka panjang sebesar 50 bps karena RBNZ menurunkan keputusan kebijakannya pada hari sebelumnya, dengan dolar Selandia Baru jatuh sejauh 0,5% menjadi $0,6915.

Investor telah memperkirakan kenaikan yang lebih besar dan proyeksi suku bunga jangka panjang dari bank sentral, dan pertukaran suku bunga berbalik tajam sesudahnya.

“Ekspektasi agresif yang mengendur mungkin merupakan cetak biru untuk pasar lain yang telah berada di posisi yang sama, tetapi sementara itu, dolar Selandia Baru bisa berada di tali terhadap dolar yang meningkat,” kata ahli strategi Westpac Imre Speizer kepada Reuters.

“Jika turun di bawah $0,69, saya pikir kita dalam bahaya turun di bawah $0,68,” katanya.

Greenback mencapai level tertinggi pada tahun 2021, dengan taruhan meningkat bahwa Fed akan menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diharapkan sebagai tanggapan terhadap tekanan inflasi yang berkelanjutan. Powell juga dianggap merespons inflasi lebih cepat dan lebih keras daripada Lael Brainard, yang juga mencalonkan diri untuk mengepalai bank sentral AS.

AS akan merilis data, termasuk risalah dari pertemuan terbaru Fed , PDB , dan klaim pengangguran awal , pada hari Rabu menjelang hari libur pada hari Kamis.

Di seberang Atlantik, lira Turki turun lebih dari 11% dalam satu sesi semalam. Runtuhnya lira dapat menyebabkan arus keluar modal lebih lanjut dan berpotensi memberikan tekanan pada mata uang pasar negara berkembang secara global.

Dolar Naik, Dolar Selandia Baru Melemah Karena Sentimen Suku Bunga RBNZ

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.