Note

Usai Bertemu Xi Jinping, Joe Biden: AS Tidak Mendorong Kemerdekaan Taiwan

· Views 32
Presiden AS Joe Biden. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Presiden AS Joe Biden pada Selasa (16/11/2021) menyatakan bahwa kebijakan pemerintahannya tentang Taiwan tidak berubah. Dia pun menegaskan, Amerika Serikat tidak mendorong kemerdekaan untuk Taiwan.

“Kami (AS) tidak akan mengubah kebijakan kami sama sekali. Kami tidak mendorong kemerdekaan, kami mendorong agar mereka melakukan persis seperti yang diminta Undang-Undang Taiwan,” kata Biden kepada wartawan, sesuai menggelar pertemuan secara virtual dengan Presiden China Xi Jinping, kemarin.

BACA JUGA:
Pertemuan Virtual Joe Biden dan Xi Jinping, Bahas soal HAM hingga Masalah Keamanan

UU Taiwan yang dimaksud Biden mengacu pada 1979 Taiwan Relations Act alias Undang-Undang Hubungan Taiwan 1979. UU yang disahkan Kongres AS 42 tahun silam itu mengatur hubungan antara Washington DC dan Taipei, menyusul pengakuan dan pembangunan hubungan diplomatik Amerika Serikat dengan China (RRC).

Biden mengatakan, Taiwan membuat keputusan sendiri untuk menentukan nasib mereka sendiri. Karena itu, AS mendukung para pemimpin di negara pulau itu. “Dia (Taiwan) itu merdeka. Dia membuat keputusan sendiri,” ucapnya.

BACA JUGA:
Momen Pertemuan Perdana Presiden AS Joe Biden - Presiden China Xi Jinping

AS tetap berkomitmen pada “Kebijakan Satu China”, menurut pernyataan Gedung Putih pada KTT Biden-Xi yang digelar pada Senin kemarin. Biden pun mengingatkan Xi dalam pertemuan itu bahwa AS memilih posisi untuk mendukung pertahanan diri Taiwan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.