Note

AUD/NZD BB Flat, Reentry Atau Extrem Sell?

· Views 33

Jika diamati dari time frame 1-harinya, harga pasangan mata uang AUD/NZD saat ini sedang berada dalam tren turun. Hal tersebut dapat dilihat dari Death Cross antara Mid BB dan EMA-50 yang baru saja terjadi pekan lalu. Jika dilihat dari posisinya sendiri, harga pasangan mata uang AUD/NZD saat ini sedang berada pada bagian bawah kedua garis yang menandakan bahwa pergerakan jangka pendeknya juga sedang dikuasai oleh Seller. Setup terakhir yang baru saja terjadi adalah terbentuknya Candlestick Arah Kukuh Sell dan Rejection yang terjadi di sekitaran Low BB time frame 1-hari. Harga sendiri saat ini sedang berada pada sekitaran MA-5/10 High dan Mid BB dan berpeluang untuk membentuk Setup Reentry pasca CSAK Sell. Peluang tersebut dapat Anda manfaatkan dengan mengamati time frame 4-jam dan 1-jamnya dengan mencari konfirmasi Extrem maupun Setup Lengkap di sana. Peluang kali ini akan membahas kemungkinan harga terus mengalami kenaikan hingga ke bagian atas EMA-50 dan mendekati Top BB time frame 1-hari. Karena ketidakmampuan harga membentuk Momentum pasca CSAK-nya pekan lalu, harga berkemungkinan besar meneruskan kenaikannya hingga ke sekitaran Top BB time frame 1-harinya. Terlebih lagi BB terlihat dalam kondisi datar saat ini, sehingga peluang harga untuk berkonsolidasi dari Low BB ke Top BB terbuka cukup lebar. Peluang yang akan dimanfaatkan adalah terbentuknya Rejection ataupun Extrem Sell di sekitaran Top BB time frame 1-hari pasangan mata uang AUD/NZD.

 

AUD/NZD BB Flat, Reentry Atau Extrem Sell?

 

Dari sisi analisa Supply And Demand-nya, baik peluang terbentuknya Setup Reentry maupun Rejection/Extrem di Top BB sama-sama didukung dengan adanya zona Supply di sekitaran tempat masing-masing Setup terbentuk. Kedua zona ini juga sama-sama terbilang zona Fresh yang baru saja terbentuk saat penurunan harga beberapa pekan terakhir.

 

Pada time frame 4-jamnya sendiri, harga pasangan mata uang AUD/NZD saat ini sedang berada dalam tren turun. Hal tersebut dapat dilihat dari Death Cross antara Mid BB dan EMA-50 yang baru saja terjadi pada awal November lalu. Namun, posisi harga saat ini sedang berada pada bagian atas kedua garis. Hal tersebut menandakan bahwa kekuatan pergerakan jangka pendek harga saat ini sedang dikuasai oleh Buyer. Bagi Anda yang ingin memanfaatkan Setup Reentry Sell, Anda bisa menunggu harga membentuk Extrem Sell di sekitaran Top BB time frame 4-jam pasangan mata uang AUD/NZD. Peluang terbentuknya Extrem pada time frame 1-hari sendiri baru akan terbuka jika harga berhasil membentuk Momentum Buy di sekitaran Top BBnya dan melanjutkan kenaikannya.

 

AUD/NZD BB Flat, Reentry Atau Extrem Sell?

 

Dari sisi analisa Supply And Demand-nya, harga pasangan mata uang AUD/NZD saat ini sedang berada di sekitaran zona Supply time frame 4-jam. Di sini terlihat, meski telah muncul beberapa reaksi yang ditimbulkan harga saat memasuki zona Supply time frame 1-harinya, harga secara perlahan-perlahan masih terus merangkak naik. Melihatnya struktur kenaikannya kali ini, ada kemungkinan harga sedang berupaya membentuk kompresi harga sebelum melanjutkan penurunannya. Kompresi ini diperkirakan akan mendorong naik harga hingga ke zona Supply yang berada di sekitaran Top BB time frame 1-harinya.

 

Dari hasil analisa beberapa time frame di atas, maka diputuskan untuk fokus mencari posisi Sell pada pasangan mata uang AUD/NZD.

 

Entry pada analisa kali ini akan ditempatkan di sekitar batas bawah zona Supply time frame 4-jam pasangan mata uang AUD/NZD pada level 104590. Level ini dipilih karena letaknya yang berada di atas EMA-50 time frame 1-hari. Jika analisa ini valid, diperkirakan akan terbentuk Extrem Sell ataupun Rejection di sekitaran Top BB pada sekitaran zona ini di time frame 1-jamnya.

AUD/NZD BB Flat, Reentry Atau Extrem Sell?

 

Stop Loss pada analisa kali ini akan ditempatkan beberapa pips di atas zona Supply time frame 4-jam. Dengan jarak sekitar 30 pips, Stop Loss akan diletakkan pada level 1.04890. Bagi Anda yang tidak suka memasang Stop Loss, Anda bisa menutup posisi Anda jika harga berhasil membentuk Momentum Buy di sekitaran Top BB time frame 4-jam saat harga berada pada zona Supply.

 

Dengan menggunakan Risk:Reward Ratio 1:3, maka jarak Take Profit akan ditempatkan sejauh 3x jarak Stop Loss. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, maka Take Profit akan diletakkan pada level 1.03690 dengan jarak sekitar 90 pips.

Perkiraan Waktu Trading: 2-3 Hari.

 

DI SCLAIMER ON:

Dalam analisa ini, segala keuntungan dan kerugian menjadi bagian dari risiko trading pribadi. Saya sebagai penulis tidak berhak menerima sedikitpun profit dari Anda maupun bertanggung jawab atas loss yang terjadi. Untuk itu, disarankan selalu menggunakan perhitungan Money Management yang baik dan ketat.

Saya sendiri hanya menggunakan sekitar 3-5% ekuitas akun untuk setiap posisi. Anda juga dapat menggunakan kalkulator MM untuk mempermudah perhitungan lot. Jangan lupa untuk memindahkan SL ke Breakeven Point untuk menghilangkan segala jenis risiko kehilangan modal yang mungkin terjadi.

Analisa ini utamanya disusun berdasarkan sistem trading dan indikator BBMA OA yang dipadukan dengan pengerahuan Supply And Demand. Jika Anda merasa kesulitan memahami materi yang disampaikan karena istilah-istilah yang asing, pertimbangkanlah untuk membaca artikel:

AUD/NZD BB Flat, Reentry Atau Extrem Sell?

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.