Note

Prospek AUD/USD: Penerimaan di Bawah 0,7300 akan Membuka Jalan bagi Penurunan Lebih Lanjut

· Views 15
  • Kombinasi sejumlah faktor menyeret AUD/USD ke posisi terendah satu bulan selama sesi Asia.
  • Data pekerjaan Australia yang suram, suasana risk-off membebani aussie yang dianggap lebih berisiko.
  • IHK AS yang kuat hari Rabu bertindak sebagai pendorong untuk USD dan menambah bias jual.

Pasangan AUD/USD melanjutkan tren bearishnya untuk hari ketiga berturut-turut dan turun ke posisi terendah satu bulan selama sesi Asia pada hari Kamis sebagai reaksi terhadap data pekerjaan Australia yang mengecewakan. Data resmi yang dirilis sebelumnya hari ini menunjukkan bahwa jumlah orang yang dipekerjakan menurun untuk bulan ketiga berturut-turut, sebesar 46,3 ribu pada bulan Oktober dibandingkan perkiraan untuk peningkatan 50 ribu. Selain itu, tingkat pengangguran naik menjadi 5,2% dari 4,6% pada bulan September, jauh di atas 4,8% yang diantisipasi.

Di sisi lain, dolar AS didukung oleh angka inflasi konsumen AS yang kuat hari Rabu dan suasana pasar yang hati-hati. Ini dilihat sebagai faktor lain yang membebani aussie yang dianggap lebih berisiko. IHK utama AS naik 0,9% Bulanan di bulan Oktober – menandai kenaikan terbesar dalam empat bulan – dan tingkat tahunan meningkat menjadi 6,2% atau terbesar sejak tahun 1990. Selain itu, IHK inti tahunan (tidak termasuk harga makanan dan energi) melonjak ke level tertinggi sejak Agustus 1991.

Laporan tersebut lebih lanjut memicu spekulasi bahwa kenaikan terus-menerus dalam tekanan inflasi dapat memaksa The Fed untuk menaikkan biaya pinjaman lebih cepat dari yang diantisipasi. Faktanya, pasar kontrak berjangka dana Fed menunjukkan bahwa kenaikan suku bunga pertama bisa terjadi segera setelah Juli 2022. Hal ini, pada gilirannya, memicu reli besar-besaran dalam imbal hasil obligasi pemerintah AS dan memberikan dorongan tambahan untuk USD yang sudah lebih kuat, yang melesat ke level tertinggi sejak Juli 2020 selama sesi Asia pada Kamis.

Sementara itu, kekhawatiran inflasi menekan saham Asia dan selanjutnya memperpanjang beberapa support untuk greenback safe-haven. Jadi, kondisi likuiditas yang relatif tipis, di balik hari libur bank AS untuk memperingati Hari Veteran, mungkin menahan pedagang bearish dari menempatkan taruhan baru. Pasangan mata uang ini, sejauh ini, telah menunjukkan beberapa ketahanan di bawah 0,7300, meskipun latar belakang fundamental mendukung prospek untuk perpanjangan pullback baru-baru ini yang dialami selama sekitar dua minggu terakhir.

Pandangan teknis

Dari perspektif teknis, penembusan semalam melalui support SMA 100-hari dan penurunan berikutnya di bawah level Fibonacci 61,8% dari kenaikan 0,7170-0,7557 menambah kepercayaan pada prospek negatif. Penerimaan di bawah 0,7300 selanjutnya akan memvalidasi bias bearish dan menyeret pasangan mata uang ini menuju zona support 0,7230-25. Ini diikuti oleh angka 0,7200, yang jika ditembus mungkin membuat pasangan ini rentan dan mengekspos posisi terendah Tahun Berjalan, di sekitar angka bulat 0,7100 yang dicapai pada bulan September.

Di sisi lain, wilayah 0,7325 (level Fibo 61,8%) sekarang tampaknya bertindak sebagai resistance langsung. Setiap pemulihan berikutnya akan dilihat sebagai peluang untuk memulai posisi bearish baru dan tetap dibatasi di dekat titik tembus support DMA-100, saat ini di sekitar area 0,7370-75. Yang terakhir ini bertepatan dengan level Fibo 50% dan harus bertindak sebagai titik penting utama bagi para pedagang, yang jika dibersihkan bisa membuat pedagang bearish mundur

Prospek AUD/USD: Penerimaan di Bawah 0,7300 akan Membuka Jalan bagi Penurunan Lebih Lanjut

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.