Note

Pratinjau Keputusan Suku Bunga Bank of Canada: Tinjauan Kebijakan Utama Prospek Inflasi

· Views 57
  • Suku bunga semalam diproyeksikan tidak berubah di 0,25%.
  • Pembelian aset diprediksi akan dipotong menjadi C$1 miliar dari C$2 miliar.
  • Proyeksi ekonomi akan disesuaikan untuk memenuhi kenyataan baru.
  • USD/CAD mencapai level rendah empat bulan di 1,2288 Kamis lalu.

Bank of Canada diperkirakan akan terus mengurangi pembelian asetnya dan mempertahankan postur suku bunga saat ini ketika menyimpulkan pertemuannya pada hari Rabu pukul 10:00 pagi EDT.

Tarif suku bunga semalam harus tetap di 0,25%, sejak Maret lalu, dan pembelian aset diperkirakan turun menjadi C$1 miliar per minggu dari C$2 miliar. 

Pasar akan fokus pada Laporan Kebijakan Moneter (MPR) dan komentar Gubernur Tiff Macklem dalam konferensi persnya satu jam setelah pengumuman suku bunga. 

Kebijakan BOC

Saat ini, panduan Bank of Canada (BOC) menunjukkan kenaikan suku bunga pertama bisa terjadi pada paruh kedua tahun 2022.  

Suku bunga semalam akan dibiarkan pada “batas bawah efektif sampai kelambanan ekonomi terserap sehingga target inflasi 2% dapat dicapai secara berkelanjutan. Dalam proyeksi Juli Bank, ini terjadi pada paruh kedua tahun 2022.” 

Pasar kredit telah menilai pengetatan yang lebih agresif dan akan melihat ke MPR dan Gubernur Mackelm untuk kemungkinan indikasi. 

Suku bunga semalam BOC

Pratinjau Keputusan Suku Bunga Bank of Canada: Tinjauan Kebijakan Utama Prospek Inflasi

FXStreet

BOC adalah bank sentral besar pertama yang mulai menarik dukungan darurat pandeminya ketika mengurangi pembelian asetnya C$1 miliar pada bulan April. Awalnya ditetapkan pada C$4 miliar seminggu, mereka telah dipotong setengahnya. Program ini diharapkan akan berakhir pada bulan Desember. 

MPR

Perkiraan inflasi dan pertumbuhan diperkirakan akan mengikuti kinerja ekonomi Kanada baru-baru ini sejak MPR terakhir pada bulan Juli.

Harga konsumen telah meningkat jauh lebih cepat dari perkiraan BOC. Indeks Harga Konsumen (IHK) utama tercatat 4,4% setiap tahun pada bulan September dan ukuran inti bank sendiri naik 3,7%. 

IHK

Pratinjau Keputusan Suku Bunga Bank of Canada: Tinjauan Kebijakan Utama Prospek Inflasi

Revisi proyeksi IHK 3,0% Juli untuk 2021 dan estimasi 2,4% untuk tahun 2022 diperkirakan akan moderat masing-masing di 3,1% dan 2,5%. Inflasi diperkirakan masih akan disebut “sementara” seperti pada MPR Juli

PDB Agustus diperkirakan 0,7% ketika dirilis pada hari Jumat dan itu akan menjadi peningkatan substansial dari -0,1% Juli. 

Meskipun demikian, pertumbuhan Kanada kuartal ketiga mengikuti di bawah asumsi 7,3% di MPR Juli, yang dapat disesuaikan lebih rendah. Perkiraan MPR sebelumnya sebesar 6,0% untuk tahun ini dan 4,6% untuk 2022 juga merupakan calon untuk direvisi ke bawah, mungkin menjadi 5,0% dan 4,0%.

Komentar BOC

Gubernur Macklem telah memperingatkan bahwa masalah pasokan yang mendorong kekurangan dan kenaikan harga akan berlangsung lebih lama dari yang diantisipasi bank. Dalam penilaian itu dia setuju dengan rekannya di pimpinan Federal Reserve AS, Jerome Powell. 

Dia mengatakan bahwa ekspektasi inflasi jangka menengah tetap berlabuh meskipun survei ekspektasi inflasi konsumen terbaru melihat rekor tertinggi 3,72%. Jajak pendapat itu mencatatkan bahwa kekurangan tenaga kerja dan kendala pasokan diperkirakan akan bertahan hingga tahun 2022, dengan tekanan bersamaan pada harga. 

Imbal hasil kedaulatan AS dan Kanada

Imbal hasil utang pemerintah AS dan Kanada telah meningkat seiring sejak pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal terakhir pada 22 September. Surat utang Pemerintah AS 10-tahun telah bertambah 31 basis poin menjadi 1,638%.

Imbal hasil Pemerintah 10-tahun AS

Pratinjau Keputusan Suku Bunga Bank of Canada: Tinjauan Kebijakan Utama Prospek Inflasi

CNBC

Sekuritas Kanada yang setara telah naik 43 basis poin menjadi 1,645%.

Imbal Hasil 10 tahun Kanada

Pratinjau Keputusan Suku Bunga Bank of Canada: Tinjauan Kebijakan Utama Prospek Inflasi

CNBC

USD/CAD

Dolar Kanada mencapai level tertinggi empat bulan terhadap mitra AS Kamis lalu di 1,2288. 

Pratinjau Keputusan Suku Bunga Bank of Canada: Tinjauan Kebijakan Utama Prospek Inflasi

Sejak ditutup di 1,2754 pada 29 September, USD/CAD telah turun 2,9% sebagian besar didukung oleh kenaikan 19,5% pada harga West Texas Intermediate (WTI). 

Pratinjau Keputusan Suku Bunga Bank of Canada: Tinjauan Kebijakan Utama Prospek Inflasi

Kesimpulan

Kejutan dari keputusan BOC dan MPR kemungkinan akan terbatas pada pembaruan pertumbuhan dan inflasi di kertas kebijakan. Pasar mengantisipasi penurunan yang moderat di yang pertama dan sedikit peningkatan di yang kedua. Jika salah satu perkiraan di MPR lebih kuat, itu akan memunculkan ekspektasi kenaikan suku bunga pertama BOC pada tahun 2022. 

Demikian juga, karakterisasi ekonomi dan inflasi Gubernur Tiff Macklem akan memberikan rambu-rambu untuk perubahan kebijakan tahun depan. Semakin dia berbicara tentang rantai pasokan dan masalah tenaga kerja, semakin tinggi penilaian pasar terhadap inflasi. 

Dengan Federal Reserve diperkirakan akan mengumumkan pengurangan program obligasi yang jauh lebih besar Rabu depan, sebuah perubahan dengan implikasi global, keputusan BOC akan memainkan peran kedua, meskipun Kanada telah memimpin kebijakan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.