Note

Tertarik Investasi Bitcoin? Ketahui Dulu Pengertian dan Cara Kerjanya

· Views 19
Tertarik Investasi Bitcoin? Ketahui Dulu Pengertian dan Cara Kerjanya
Tertarik investasi bitcoin? Ketahui pengertian dan cara kerjanya.

JAKARTA, iNews.id - Bitcoin bukan hanya mata uang kripto atau cryptocurrency pertama di dunia, tetapi juga paling terkenal lebih dari 5.000 cryptocurrency yang ada saat ini. Valuasi pasarnya juga yang terbesar di dunia dibanding mata uang kripto (crypto) lainnya.

Di Indonesia, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah menyetujui bitcoin sebagai instrumen investasi, tapi tidak sebagai alat pembayaran sah. Nah bagi Anda yang tertarik berinvestasi bitcoin, ada baiknya untuk mengetahui lebih dahulu pengertian bitcoin dan cara kerjanya.  

BACA JUGA:
Belajar Trading Crypto dan Cara Melakukannya untuk Pemula

Apa Itu Bitcoin?

Dikutip dari Investopedia, bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi yang dibuat pada Januari 2009 oleh Satoshi Nakamoto, yang masih misterius hingga saat ini. Bitcoin menawarkan biaya transaksi yang lebih rendah dibanding mekanisme pembayaran online tradisional. Dan tidak seperti mata uang yang dikeluarkan pemerintah, bitcoin dioperasikan oleh otoritas yang terdesentralisasi. 

Bitcoin dikenal sebagai jenis cryptocurrency karena menggunakan kriptografi untuk menjaganya tetap aman. Tidak ada bitcoin fisik, hanya saldo yang disimpan di buku besar publik yang dapat diakses oleh setiap orang secara transparan. 

BACA JUGA:
Sebagian Besar Uang Kripto Diprediksi Gagal, Bagaimana dengan Bitcoin?

Semua transaksi bitcoin diverifikasi oleh sejumlah besar daya komputasi melalui proses yang dikenal sebagai penambangan. Bitcoin tidak diterbitkan atau didukung oleh bank atau pemerintah (kecuali El Salvador), juga tidak ada yang menjamin nilainya selain bukti di dalam sistem. 

Meskipun tidak menjadi alat pembayaran sah di sebagian besar negara dunia, bitcoin sangat populer dan telah memicu peluncuran ratusan mata uang kripto lainnya, yang secara kolektif disebut sebagai altcoin. Bitcoin biasanya disingkat sebagai BTC saat diperdagangkan.

BACA JUGA:
Prediksi Miliarder Ray Dalio Jika Bitcoin Jadi Sangat Sukses, Hati-hati!

"Alasan mengapa bitcoin bernilai uang adalah karena kami memutuskan itu memiliki nilai, sama seperti emas," kata salah satu pendiri dan CEO perusahaan layanan keuangan digital Holyheld, Anton Mozgoyov, dikutip dari Forbes, Rabu (13/10/2021). 

Sejak diluncurkan ke publik, nilai bitcoin telah meningkat drastis. Meski pernah dijual dengan harga di bawah 150 dolar AS per koin pada 1 Maret 2021 lalu, namun satu bitcoin sekarang dijual dengan harga lebih dari 56.000 dolar AS. 

BACA JUGA:
Bank Sentral Global Peringatkan Bitcoin Bisa Kolaps

Karena jumlahnya terbatas, hanya 21 juta koin, banyak yang memprediksi harga bitcoin akan terus naik seiring berjalannya waktu, sehingga investor institusional mulai memperlakukannya sebagai semacam emas digital untuk melakukan lindung nilai terhadap volatilitas pasar dan inflasi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.