Note

Dolar Menguat Di Tengah Risiko Kenaikan Inflasi

· Views 46

Seputarforex - Dolar AS menguat setelah kekhawatiran pasar mengenai lonjakan inflasi mengemuka, menyusul kenaikan harga bahan bakar dan minyak dunia. Di sesi perdagangan Rabu (06/Oktober) malam ini, Indeks Dolar melejit 0.33% ke 94.28 yang merupakan level tinggi minggu lalu.

Dolar Menguat Di Tengah Risiko Kenaikan Inflasi

 

Saham-saham merosot setelah dalam beberapa hari terakhir harga minyak dilaporkan naik ke level tertinggi tujuh tahun. Kondisi tersebut dinilai dapat memicu kenaikan inflasi, sehingga para investor beralih dari aset high risk ke safe haven seperti Dolar AS dan yield obligasi pemerintah.

Meskipun harga minyak mulai turun hari ini, tetapi suplai energi di beberapa negara masih bermasalah. Oleh karena itu, aksi penghindaran risiko masih lebih dipilih oleh para investor guna mengamankan investasi mereka dari dampak inflasi ke depan.

Pernyataan Bell diamini oleh Minh Trang, trader senior di Sillicon Valley Bank. Trang mengatakan bahwa pekan ini pasar didominasi oleh kekhawatiran akan kenaikan inflasi yang meluas di pasar secara keseluruhan. Pada gilirannya, kebijakan The Fed akan diperhatikan karena dorongan kenaikan inflasi sangat berkaitan dengan kenaikan suku bunga.

Bank sentral AS telah mengisyaratkan bahwa pengurangan pembelian obligasi bulanan akan dilaksanakan secepatnya pada November mendatang. Sedangkan kenaikan suku bunga, dikatakan akan menyusul apabila ekonomi AS telah kembali mendapatkan momentum pasca krisis.

 

Terlepas dari isu-isu tersebut, kenaikan Dolar AS malam ini juga dipicu oleh apiknya data ADP Employment Change AS. Sektor swasta AS menambah 568,000 pekerjaan pada bulan September, lebih banyak daripada ekspektasi 425,000 dan data periode sebelumnya di 340,000.

Kendati demikian, data ADP Employment Change kerap kali tak bisa dijadikan petunjuk akan data Non Farm Payroll yang akan dirilis Jumat nanti. Para investor akan fokus pada data NFP AS, dengan harapan mendapatkan pentunjuk yang lebih jelas mengenai sinyal tapering The Fed.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.