Note

Jreng Jreng... Senator AS Sebut Bos The Fed Jerome Powell Pria Berbahaya

· Views 28
Jreng Jreng... Senator AS Sebut Bos The Fed Jerome Powell Pria Berbahaya
Foto: Reuters
Jakarta

Senator Partai Demokrat Amerika Serikat (AS) Elizabeth Warren menyebut Gubernur Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell sebagai pria berbahaya. Alasannya, Powell dinilai berupaya melemahkan sistem perbankan negara melalui sejumlah kebijakan yang dibuatnya.

Ungkapan tersebut sekaligus melemahkan peluang Jerome Powell untuk melanjutkan jabatan empat tahun ke depan. Warren secara terang-terangan menentang pencalonan kembali Powell dalam rapat dengar pendapat di Komiter Perbankan Senat.

Dikutip dari CNN, Kamis (30/9/2021) Warren menyoroti kebijakan politisi Partai Republik itu yang dinilai kurang efektif bahkan membahayakan regulasi perbankan pasca-krisis yang terjadi saat ini.

Sekedar informasi, saat ini Departemen Keuangan menaikkan batas waktu default AS pada 18 Oktober. Kemudian masalah lain pun muncul dari mulai harga rumah dan properti di AS turun di tambah dengan kekhawatiran inflasi dan krisis energi yang memicu bursa saham AS.

Dengan segudang permasalahan tersebut, Warren menolak untuk pencalonan Powell sebagai Ketua Fed di empat tahun mendatang.

"Catatan Anda membuat saya sangat prihatin. Berkali-kali Anda telah bertindak untuk membuat sistem perbankan kami kurang aman. Dan itu membuat Anda menjadi orang yang berbahaya untuk mengepalai The Fed," kata Warren kepada Powell selama sidang Komite Perbankan Senat.

Pada kesempatan yang sama, Powell membantah karakterisasi Warren tentang rekam jejak kebijakannya. Dia menunjukkan bahwa bank memiliki cukup modal untuk menghadapi resesi COVID-19.

Penentangan naiknya kembali Powell sebagai Gubernur Fed juga ditolak oleh Kepala Investasi di Bleakley Advisory Group, Peter Boockvar. Dia sepakat bahwa Powell 'berbahaya' meskipun bukan karena regulasinya.

"Dia malah adalah orang yang berbahaya karena [dari] apa yang dia dan rekan-rekannya telah lakukan dengan kebijakan moneter," tulis Boockvar dalam sebuah catatan.

Seperti diketahui, Powell telah menjabat sebagai Gubernur Fed sejak 2018 lalu, periode masa jabatannya akan berakhir pada Februari mendatang. Segala keputusan mengenai penetapan kepengurusan The Fed berada di tangan Joe Biden.



Simak Video "The Fed Waspadai Ancaman Virus Corona Terhadap Ekonomi Global"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.