Note

USD/JPY Tetap Menguat di Sekitar 109,50, Mengabaikan BoJ di Tengah Sentimen Optimis Menjelang Fed

· Views 50
  • USD/JPY mempertahankan pergerakan pemulihan dari terendah mingguan, menghentikan penurunan dua hari.
  • BoJ mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah, merevisi turun prospek ekonomi karena masalah virus.
  • Sentimen pasar membaik karena PBoC mencoba mempertahankan Evergrande, debat batas utang AS menyelesaikan rintangan pertama.
  • Kekhawatiran pengurangan Fed menantang pembeli, geopolitik juga penting untuk dorongan baru.

USD/JPY bergerak lebih tinggi di sekitar 109,45, naik 0,18% sehari setelah Bank of Japan (BoJ) mengumumkan keputusan kebijakan moneter terbaru pada pagi hari ini.

Bank of Japan (BoJ) memenuhi ekspektasi pasar secara luas untuk mempertahankan suku bunga acuan di -0,10%, juga mempertahankan target imbal hasil Obligasi Pemerintah Jepang (JGB) 10-tahun sekitar 0%, selama pertemuan terakhir. Meski begitu, bank sentral Jepang mengutip masalah COVID akan membebani prospek ekonomi dan ekspor.

Baca: BoJ mengarahkan kebijakan pada jalur yang stabil di bulan September

Perlu dicatat bahwa berita utama positif baru-baru ini dari Tiongkok menggantikan optimisme hati-hati pembuat kebijakan BoJ. Di antara mereka, injeksi likuiditas berat Bank Rakyat China (PBoC) , sekitar 110 miliar Yuan, bergabung dengan kemampuan Evergrande untuk membayar kupon pada tanggal kedaluwarsa 23 September, yang sebelumnya dikhawatirkan, mendukung suasana risk-on.

Sebelumnya, Kepala Ekonom Dana Moneter Internasional (IMF) Gita Gopinath juga terdengar optimis atas kemampuan Tiongkok untuk mengendalikan ketakutan yang berasal dari perusahaan real-estate. Pada baris yang sama adalah harapan perpanjangan batas utang AS berakhirnya suara DPR 217-207 untuk mendukung pendanaan pemerintah sementara dan perdebatan peningkatan batas utang.

Sebaliknya, berita Bloomberg yang menyatakan bahwa Uni Eropa (UE) dan AS bertujuan untuk menjanjikan lebih banyak penegakan untuk mengekang risiko Tiongkok, menambah ketakutan pasar. Selanjutnya, kehati-hatian menjelang Fed di tengah data yang beragam dan komentar pembuat kebijakan hawkish sebelumnya membuat para pedagang menunggu pengumuman pertemuan kebijakan moneter Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC). Di baris yang sama adalah berita dari Reuters mengutip Asian Development Bank (ADB) yang mengatakan, "Rebound ekonomi Asia yang sedang berkembang tahun ini dapat dihalangi oleh penyebaran cepat varian Delta virus Corona."

Di tengah permainan ini, S&P 500 Futures menghentikan tren turun empat hari untuk mencetak kenaikan harian 0,15% sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun memudarkan kekuatan awal di sekitar 1,32%. Selanjutnya, Indeks Dolar AS (DXY) naik-turun di dekat 93,20.

Selanjutnya, berita utama yang menunjukkan kemungkinan default dana real estat Tiongkok lainnya dan ketakutan geopolitik mengenai kisah Barat versus Beijing dapat bergabung dengan kehati-hatian pra-Fed akan membebani harga USD/JPY. Namun, kejutan positif dari pengumuman pertemuan kebijakan moneter Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) AS, sebagian besar dalam bentuk tidak ada petunjuk pengurangan, dapat mendukung kenaikan.

Baca: Pratinjau Fed: Tiga Cara Bagaimana Powell dapat Menurunkan Dolar, dan Tidak Ada Dot-Plot

Analisis teknis

Meskipun garis tren naik lima bulan, di dekat 109,30, memicu rebound USD/JPY, pertemuan Simple Moving Average (DMA) 50 hari dan 100 hari di sekitar 109,85 mendahului garis resistensi dua pekan, di dekat 110,00 , akan menantang pembeli.

Level Teknis USD/JPY

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 109.42
Perubahan harian hari ini 19
Perubahan harian hari ini % 0.17
Pembukaan harian hari ini 109.23
 
Tren
SMA 20 Harian 109.84
SMA 50 Harian 109.86
SMA 100 Harian 109.86
SMA 200 Harian 108.15
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 109.71
Rendah Harian Sebelumnya 109.18
Tinggi Mingguan Sebelumnya 110.16
Rendah Mingguan Sebelumnya 109.11
Tinggi Bulanan Sebelumnya 110.8
Rendah Bulanan Sebelumnya 108.72
Fibonacci Harian 38,2% 109.38
Fibonacci Harian 61,8% 109.51
Pivot Point Harian S1 109.04
Pivot Point Harian S2 108.85
Pivot Point Harian S3 108.52
Pivot Point Harian R1 109.56
Pivot Point Harian R2 109.9
Pivot Point Harian R3 110.09

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.