Note

Pemerintah Diminta Cari Solusi Konkret Selamatkan Peternak Ayam Petelur

· Views 26
Pemerintah Diminta Cari Solusi Konkret Selamatkan Peternak Ayam Petelur
Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom
Jakarta

Harga telur di pasaran beberapa hari belakang terus mengalami penurunan. Sebaliknya harga pakan terutama jagung masih relatif tinggi. Harga yang relatif timpang ini membuat peternak di berbagai daerah melancarkan protes.

Menurut Anggota DPR RI Dapil VI Jawa Timur yang juga Ketua Golkar Jatim M. Sarmuji, saat ini problem peternak ayam telur sudah sangat serius untuk dicarikan jalan keluar. Jika tidak maka peternak terancam gulung tikar dengan tanggungan utang yang menumpuk.

"Peternak ayam saat ini tengah menghadapi tekanan bertubi-tubi. Pertama karena pandemi yang masih berlanjut hingga kini. Kedua, harga telur yang kian hari belum kunjung naik dan cenderung turun. Ketiga harga pakan terutama jagung yang masih relatif tinggi dari jangkauan para peternak," urai Sarmuji dalam keterangan tertulis, Rabu (15/9/2021).

Selain tiga masalah utama, Anggota Komisi XI DPR RI tersebut menilai bahwa peternak juga masih dihadapkan pada persoalan kredit bank.

"Masalah rendahnya harga telur dan tingginya harga pakan hampir tiap tahun dialami oleh para peternak. Untuk ketimpangan harga tersebut para peternak mau tidak mau pasti akan melakukan kredit bank sebagai tambahan modal," ungkapnya.

Oleh karena itu, legislator dari Dapil VI Jawa Timur tersebut meminta pemerintah dan instansi terkait untuk bekerja sama meringankan beban peternak.

"Kementerian Pertanian dan Perdagangan harus melakukan operasi pasar khususnya terhadap harga jagung yang melambung dan harga telur yang terus turun. OJK harus melakukan restrukturisasi kredit untuk para peternak," usulnya.

Selain operasi pasar yang sifatnya jangka pendek, Sarmuji meminta pemerintah untuk mengambil langkah kongkrit dan permanen agar kejadian yang berulang hampir setiap tahun ini tidak dialami lagi oleh peternak di masa mendatang.

"Yang lebih penting lagi karena polanya sudah berulang kali, maka pemerintah harus mengambil langkah kongkrit dan permanen agar kejadian serupa tidak terulang lagi di tahun-tahun mendatang," pungkasnya.

(akd/hns)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.