Note

ECB Kurangi Pembelian Obligasi PEPP, EUR/USD Stabil

· Views 23

Seputarforex - European Central Bank (ECB) memutuskan untuk mengurangi pembelian obligasinya dalam program bantuan darurat pandemi (PEPP). Kondisi finansial yang mulai membaik dan Outlook inflasi, menjadi pertimbangan ECB untuk mengambil keputusan tersebut.

PEPP merupakan program ECB yang bertujuan membantu menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi Zona Euro dari dampak lockdown. Salah satu metodenya adalah dengan membeli obligasi pemerintah senilai 80 miliar euro tiap bulan. Bank sentral tersebut memang belum memberikan keterangan spesifik tentang jumlah pengurangan. Namun para analis memperkirakan, pembelian obligasi selanjutnya akan sebesar 60-70 miliar euro.

Kendati demikian, ECB tidak mengubah detail kebijakan moneternya yang lain. Suku bunga tetap di kisaran -0.5%, dan program pembelian obligasi di luar program PEPP pun tidak diubah. Forecast ekonomi untuk 2021 naik dari estimasi sebelumnya d 4.6% menjadi 5.0%.

Inflasi turut menjadi pertimbangan ECB. Di Zona Euro, kenaikan inflasi terpantau lebih cepat daripada ekspektasi, rantai pasokan masih mengalami gangguan, dan kelangkaan produk menyebabkan kenaikan harga bahan baku sehingga menyulitkan para produsen. Hal ini berarti bahwa pengurangan pembelian obligasi di PEPP bukanlah indikasi dari suatu progres yang positif. Sebaliknya, pemulihan ekonomi Zona Euro dapat dikatakan belum aman.

Menyusul kebijakan ECB malam ini, pergerakan Euro tak mengalami perubahan berarti. Menurut Viraj Patel dari Vanda Research, pengumuman ECB tersebut dinilai dovish oleh pasar karena tidak ada sinyal akan kenaikan suku bunga. EUR/USD pun diperdagangkan di 1.1824 atau naik tipis 0.06% saja.

ECB Kurangi Pembelian Obligasi PEPP, EUR/USD Stabil

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.