Note

RI-UEA Berembuk Jalin Kerja Sama Ekonomi

· Views 30
RI-UEA Berembuk Jalin Kerja Sama Ekonomi
Ilustrasi/Foto: DW (News)
Jakarta

Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) telah resmi menandatangani perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Emirat Arab (Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement/IUAE-CEPA). Perjanjian ini diyakini bisa mendorong pasar ekspor di tanah air.

Penandatanganan perundingan perjanjian kemitraan ini dilakukan oleh Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi dengan Minister of State for Foreign Trade UEA, Thani bin Ahmed Al Zeyoudi

"Saya merasa terhormat bahwa kita berdiri di sini bersama hari ini bergandengan tangan untuk meningkatkan hubungan bilateral Indonesia Uni Emirat Arab yang sudah terjalin lama ke tingkat yang baru," kata Lutfi dalam sambutannya dilansir dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/9/2021).

Lutfi melanjutkan, hubungan diplomatik antara Indonesia dengan UEA sebenarnya sudah terjalin sejak 1976. Selama 45 tahun kedua negara sudah banyak menjalin kerjasama di berbagai bidang.

"Hari ini kedua negara tumbuh, postur ekonomi di wilayah masing-masing. Perdagangan dan investasi dua arah antara kedua belah pihak tumbuh subur. Kami juga melihat antusiasme berbagai kesepakatan bisnis yang kami tandatangani antara Indonesia dan UEA, ketika para pemimpin kami bertukar kunjungan resmi pada 2019 dan 2020," tambahnya.

Namun menurutnya ada fakta yang harus diakui bahwa kinerja perdagangan bilateral antara RI dan UEA belum menunjukkan potensi yang sebenarnya. Dia mencatat total perdagangan dua arah Indonesia dan UEA menurun hampir 20% dari 2019 hingga 2020.

"Itu adalah sesuatu yang perlu segera diperbaiki dan kami berutang kepada orang-orang terkait, pemangku kepentingan bisnis, dan juga, kepada para pemimpin kami," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.