Note

Retail Sales Jepang Lanjut Naik Di Tengah Ancaman COVID

· Views 46

Seputarforex - Pada hari Senin (30/Agustus), Kementerian Perdagangan Jepang mempublikasikan data Retail Sales yang meningkat 2.4 persen secara tahunan (Year-over-Year) di bulan Juli. Angka ini berhasil mengungguli ekspektasi kenaikan 2.1 persen dari pertumbuhan 0.1 persen yang terjadi pada bulan Juni. Data penjualan ritel Jepang pagi ini sekaligus menorehkan kenaikan lima bulan berturut-turut, mengarisbawahi berlanjutnya pemulihan ekonomi negeri Sakura di awal kuartal ketiga.

Retail Sales Jepang Lanjut Naik Di Tengah Ancaman COVID

Data kementerian perdagangan mengungkapkan pada bulan Juli terjadi permintaan yang kuat untuk berbagai barang seperti mobil, pakaian, barang dagangan umum dan makanan. Sementara itu, penjualan bahan bakar turut mengalami kenaikan kendati harga bensin lebih tinggi. Sedangkan, perusahaan ritel kecil seperti toserba dan apotik mengalami pertumbuhan penjualan terbesar dari tahun sebelumnya.

Meski trend Retal Sales terlihat kokoh sejauh ini, namun sebagian besar analis memperingkatkan ancaman Covid-19 varian Delta sewaktu-waktu dapat kembali memukul sektor konsumsi ditengah pemulihan ekonomi Jepang yang bersifat rapuh.

"Kekuatan yang terjadi baru-baru ini pada sektor penjualan ritel sepertinya tidak akan bertahan lama. Pasalnya, gelombang penyebaran virus Corona Delta semakin parah sedang melanda Jepang dan ditambah dengan semakin banyak prefektur dilaporkan dalam kondisi darurat yang berpotensi berdampak pada sektor konsumsi pada kuartal ketiga," kata Marcel Thieliant, Ekonom Senior Jepang di Capital Economics dalam sebuah catatan.

Ekspektasi analis yang memperkirakan laju perekonomian Jepang akan melambat pada kuartal ketiga bukan tanpa alasan. Data terbaru dari otoritas terkait mengatakan bahwa pembatasan keadaan darurat saat ini telah mencakup hampir 80 persen dari populasi Jepang.

"Mobilitas masyarakat diperkirakan akan menurun setelah konsumsi mencapai puncaknya pada bulan Agustus," kata Atsushi Takeda, kepala ekonom di Itochu Economic Research Institute, sembari mencatat potensi penurunan mungkin terjadi pada bulan September.

 

Data penjualan ritel yang positif sedikit banyak mendukung pergerakan mata uang Yen melawan dolar AS yang pada sesi sebelumnya melemah pasca pernyataan The Fed di Simposium Jackson Hole yang mengecewakan pasar. Pada saat berita ini diturunkan, pair USD/JPY berada di kisaran 109.77 atau melemah 0.03 persen secara harian.

Retail Sales Jepang Lanjut Naik Di Tengah Ancaman COVID

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.