Note

Pertamina Sudah Distribusikan 4.855 Ton Oksigen di 504 Rumah Sakit

· Views 17
Pertamina Sudah Distribusikan 4.855 Ton Oksigen di 504 Rumah Sakit
Foto: Pertamina
Jakarta

PT Pertamina (Persero) telah mendistribusikan bantuan oksigen sebanyak 4.855 ton hingga 25 Agustus 2021. Oksigen didistribusikan untuk penanganan COVID-19 di 504 rumah sakit di 11 provinsi di Pulau Jawa, Bali, NTB, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, dan Lampung.

"Pertamina mengemban amanah sebagai BUMN untuk tetap hadir di tengah masyarakat untuk berkontribusi secara sosial termasuk di sektor kesehatan yang juga menjadi bagian dari upaya mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) serta implementasi nilai sosial dalam ESG,"ujar Pjs Senior Vice President Corporate Communications and Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman, dalam keterangan tertulis, Jumat (27/8/2021).

Selain mendistribusikan oksigen, Pertamina Grup juga menyalurkan bantuan oksigen sebesar 109 ton yang disalurkan ke 34 rumah sakit, yakni 15 RS di Jawa Tengah dan 19 RS di Jawa Timur.

Fajriyah menyebutkan, penyaluran oksigen yang telah berlangsung sejak 6 Juli lalu ini telah menjangkau wilayah 22 RS DKI Jakarta, 5 RS Banten, 59 RS Jawa Barat, 186 RS Jawa Tengah, 62 RS DI Yogyakarta, 122 RS Jawa Timur 15 RS Bali, 30 RS NTB, 1 RS Kalimantan Selatan, 1 RS Sumatera Selatan dan 1 RS Lampung.

Bahkan dalam waktu dekat, kata dia, pendistribusian oksigen akan diperluas ke 3 wilayah, yaitu Sumatera Barat, Bangka Belitung dan Kalimantan Tengah.

Diketahui, oksigen diangkut dengan ISO Tank dan dikirim melalui 31 unit truk pengangkut ISO Tank dalam 243 shipment pengiriman (Ritase).

Pada proses pendistribusian Oksigen tersebut, Pertamina melakukan pengisian oksigen di Filling Plant milik Linde di Cilegon dan Gresik, Air Liquid di Cilegon, Samator di Batam, dan VDNIP di Kendari untuk selanjutnya diangkut ke Depo Point Storage Samator yang tersebar di beberapa wilayah.

Selanjutnya, oksigen disalurkan ke rumah sakit berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan. Selain itu, Pertamina juga menyalurkan secara langsung oksigen ke beberapa rumah sakit di Pulau Jawa.

Dalam penyaluran bantuan oksigen tersebut, tutur Fajriyah, Pertamina melibatkan Subholding Gas (PT PGN Tbk., beserta PT Pertamina Gas dan PT Gagas), Subholding Commercial & Trading (PT Pertamina Patra Niaga dan PT Patra Logistik), dan PT Elnusa Petrofin.

Sementara pada tahap implementasi, lanjutnya, Tim Pertamina yang tergabung dalam Satgas Percepatan Penanganan Oksigen juga berkoordinasi erat dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, Kementrian Perindustrian, dan Kemenko Kemaritiman dan Investasi.

"Pertamina bersinergi dengan berbagai komponen bangsa untuk mendukung pemerintah menyediakan dan penyaluran oksigen bagi masyarakat yang sedang bertarung melewati masa krisis di rumah sakit akibat terpapar COVID-19," pungkasnya.

(ega/hns)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.