Note

Perkiraan Harga Emas: NFP AS Konfirmasi Death Cross untuk XAU/USD? Sisi Bawah Tetap Disukai

· Views 11
  • Kewaspadaan pra-NFP, kesengsaraan covid Delta membebani suasana, mengangkat dolar.
  • NFP AS akan memegang kendalinya untuk tindakan kebijakan Fed berikutnya di tengah ekspektasi yang hawkish.
  • Pengaturan harian emas menunjukkan penurunan yang lebih dalam jika death cross dikonfirmasi.

Setelah hari Rabu yang bergejolak, harga emas melanjutkan tren turunnya pada hari Kamis dan menembus level $1800 sebelum pulih ke $1804,48 pada penutupan. Terlepas dari pemulihan tersebut, harga emas membukukan penurunan yang besar, karena minat beli di sekitar dolar AS tetap berlanjut, didukung oleh imbal hasil Pemerintah (Treasury) yang lebih kuat. Kebangkitan kembali dari ekspektasi normalisasi kebijakan moneter The Fed, di tengah data ekonomi AS yang optimis dan komentar yang hawkish baru-baru ini dari Wakil Ketua Richard Clarida dan Gubernur Christopher Waller, mendorong imbal hasil bersama dengan dolar. Sementara itu, greenback juga terus menarik permintaan safe-haven karena meningkatnya kekhawatiran varian covid Delta, yang berkolaborasi dengan penurunan harga emas. Kebuntuan pada RUU infrastruktur senilai $1 triliun dan sedikit kecenderungan hawkish dari BOE memberikan tekanan bearish tambahan pada logam kuning.

Menjelang persiapan Nonfarm Payrolls (NFP) AS pada hari Jumat ini, emas memperpanjang penurunan sebelumnya, menggoda level kunci $1800. Greenback terus mempertahankan posisi yang lebih tinggi, dalam mengantisipasi laporan NFP yang lebih kuat dapat menambah kepercayaan pada retorika hawkish oleh The Fed. Dalam hal ini, investor bisa mengabaikan emas yang tidak berimbal hasil sementara saham juga bisa terpukul di tengah kekhawatiran atas pengurangan stimulus. Ekonomi AS diperkirakan akan menambah 870 ribu pekerjaan di bulan Juli vs 850 ribu yang tercatat di bulan Juni. Meskipun data pekerjaan AS kemungkinan akan tetap menjadi pendorong pasar utama, pembaruan covid dan berita infrastruktur juga dapat diperhatikan.

Grafik Harga Emas - Prospek teknis

Perkiraan Harga Emas: NFP AS Konfirmasi Death Cross untuk XAU/USD? Sisi Bawah Tetap Disukai

Emas: Grafik harian

Grafik teknis harian menunjukkan bahwa harga emas telah menembus SMA-21 dan 100 yang penting di $1810 dan $1805.

Risiko tetap berada di sisi bawah untuk harga emas di tengah death cross yang membayangi pada kerangka waktu harian. DMA 50 dengan cepat mendekati DMA 200, ingin menembus yang terakhir dari atas.

Relative Strength Index (RSI) 14 hari lebih rendah di bawah garis tengah, menunjukkan bahwa masih ada lebih banyak ruang untuk sisi bawah.

Support langsung terlihat di kisaran terendah di sekitar $1790, di bawahnya aksi jual menuju posisi terendah multi-bulan di $1751 bisa terjadi sebentar lagi.

Di sisi lain, bull emas perlu merebut kembali support sebelumnya yang sekarang resistance di DMA 100, di atasnya DMA 21 dapat menguji komitmen bullish.

Resistance yang kuat pada pertemuan DMA 50 dan 200-DMA di $1819 bisa muncul sebagai masalah yang sulit untuk dipecahkan bagi pembeli emas .

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.