Note

Trenggono Targetkan Lumbung Ikan Nasional Setor Rp 3,71 T ke Negara

· Views 29
Trenggono Targetkan Lumbung Ikan Nasional Setor Rp 3,71 T ke Negara
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono/Foto: KKP
Jakarta

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menargetkan program Lumbung Ikan Nasional di Maluku bisa menyumbang Rp 3,71 triliun ke negara, yakni dalam penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Potensi penyerapan tenaga kerja diperkirakan lebih 5.500 orang.

"Apabila keseluruhan ini kita implementasikan akan ada penerimaan negara sekitar Rp 3,7 triliun per tahun dari WPP 718. Jadi artinya LIN ini sangat proven," ujarnya, dalam keterangannya Rabu (28/7/2021).

Trenggono mengungkap pihaknya sudah merancang proses penangkapan ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 718 termasuk dalam area Lumbung Ikan Nasional. Jumlah tangkapan akan berbasis pada kuota dan kapal-kapal penangkap.

Lebih lanjut, dikatakan kapal penangkap harus mendaratkan hasil tangkapan di pelabuhan yang sudah ditentukan KKP. Terdapat delapan pelabuhan perikanan di sekitar WPPNRI 718 yang akan mendukung peran Ambon New Port sebagai pelabuhan utama terintegrasi.

"Ambon New Port akan menjadi pintu gerbang ekspor produk perikanan yang dihasilkan dari kawasan LIN," kata Trenggono.

Sementara untuk pemenuhan pasar domestik, Trenggono mengungkap akan disiapkan kapal kontainer berpendingin sebagai pengangkut hasil perikanan dari pelabuhan-pelabuhan yang ada di sekitar LIN menuju wilayah tujuan.

"Suplai domestik harus diangkut menggunakan kontainer dingin, sehingga program pemerintah untuk menjalankan tol laut bisa berjalan dengan baik," tambah Trenggono.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.