Note

Gara-gara Varian Delta, BI Pangkas Proyeksi Ekonomi RI Jadi 3,5-4,3%

· Views 23
Gara-gara Varian Delta, BI Pangkas Proyeksi Ekonomi RI Jadi 3,5-4,3%
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta

Pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II-2021 diperkirakan lebih rendah akibat tekanan dari varian delta COVID-19. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menjelaskan hal ini karena pembatasan mobilitas untuk mengatasi penyebaran virus Corona varian Delta.

Perry menyebutkan penurunan pertumbuhan terutama terjadi pada konsumsi rumah tangga karena terbatasnya mobilitas di tengah peningkatan stimulus bantuan sosial oleh pemerintah, dan tetap kuatnya kinerja ekspor.

"Pada kuartal IV-2021, pertumbuhan ekonomi diprakirakan kembali meningkat didorong oleh peningkatan mobilitas sejalan dengan akselerasi vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan, berlanjutnya stimulus kebijakan, dan terus meningkatnya kinerja ekspor," kata Perry dalam konferensi pers, Kamis (22/7/2021).

Dia mengungkapkan secara spasial, penurunan pertumbuhan ekonomi tercatat lebih kecil di luar Jawa, khususnya Sulawesi-Maluku-Papua (Sulampua), didukung dengan kinerja ekspor yang kuat. Dengan perkembangan tersebut, BI memprakirakan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2021 menjadi 3,5-4,3% dari proyeksi sebelumnya 4,1-5,1%.

Perry menjelaskan pada kuartal II-2021, perbaikan ekonomi terus berlanjut terutama didorong oleh peningkatan kinerja ekspor, belanja fiskal dan investasi non bangunan.

"Perkembangan sejumlah indikator dini pada Juni 2021, seperti penjualan eceran dan PMI, mengindikasikan pemulihan ekonomi domestik yang masih berlangsung," jelas Perry.

Simak video '6 Indikator Ini Tunjukkan Ekonomi Indonesia Mulai Pulih':

[Gambas:Video 20detik]



Bagaimana dengan ekonomi global? Cek halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.