Note

Harga Emas Hari Ini Melemah di Tengah Kekhawatiran COVID-19 Delta

· Views 27
Harga Emas Hari Ini Melemah di Tengah Kekhawatiran COVID-19 Delta

Harga emas di pasar spot pada hari ini, Rabu (21/7) pukul 08.00 WIB, melemah 0,24% ke US$1.805,97 per ons. Sementara itu, harga emas di pasar COMEX juga melemah 0,14% ke US$1.808,8 per ons di waktu yang sama.

Pelemahan harga emas hari ini disebabkan oleh musuh bebuyutan emas, yakni nilai dolar AS, yang kian merongrong.

Pagi hari ini, nilai indeks dolar AS berada di posisi 93,01 atau menguat dibanding 92,71 kemarin. Menguatnya nilai dolar AS seharusnya membuat harga emas relatif lebih mahal bagi investor yang jarang bertransaksi menggunakan mata uang tersebut. Sehingga, permintaan emas pun akan merosot, dan kemudian menahan laju harga emas.

Meski demikian, musuh bebuyutan emas lainnya, yakni tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS, justru melemah. Pagi hari ini, yield obligasi AS bertenor 10 tahun berada di level 1,21% atau terjun dari posisi kemarin yakni 1,28%.

Kondisi ini seharusnya bikin investor berpaling dari obligasi dan mulai kembali menggenggam emas. Sebab, opportunity cost menggenggam obligasi menjadi meningkat di saat yield menguat.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini Melemah di Tengah Maraknya Sentimen Positif

Sentimen Utama Harga Emas Hari Ini

Harga emas sejatinya masih bisa menguat hari ini, di mana sentimen utamanya adalah reaksi investor atas infeksi COVID-19 varian Delta yang masih merajalela.

Kini, varian virus yang berbahaya itu sudah mulai merambah Amerika Serikat dan beberapa negara Asia. Alhasil, pelaku pasar khawatir bahwa gelombang infeksi COVID-19 baru ini akan bikin ekonomi dunia kembali tutup.

Nah, di masa seperti ini, investor tentu akan mengalihkan perhatiannya ke emas. Sebab, emas dianggap sebagai aset safe haven, atau bisa menjadi pelindung kekayaan saat situasi ekonomi tengah tak menentu.

Baca juga: Harga Emas Stagnan Seiring Sikap Hawkish Bos The Fed

Download Aplikasi Pluang di Sini!Investasi emas, S&P 500, aset kripto, reksa dana dalam satu aplikasi

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Reuters, Bloomberg, CNBC

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.