Note

Vitalik Berpendapat Bahwa PoS Jadi Solusi Masalah Lingkungan Ethereum

· Views 14

Pada sesi konferensi pers yang dilakukan kemarin, salah satu pendiri Ethereum yaitu Vitalik Buterin, mengeluarkan pendapat bahwa transisi Ethereum yang akan datang ke mekanisme konsensus bukti kepemilikan adalah jalan keluar. Utamanya untuk masalah konsumsi energi blockchain yang terus merajalela yang menyebabkan para kritikus marah beberapa waktu terakhir.

Dalam sebuah wawancara konferensi virtual Startmeup HK, yang dilangsungkan di Hong Kong, Buterin mengatakan bahwa walaupun bukti kepemilikan masih dalam tahap awal dan kurang teruji dalam pertempuran, dibandingkan dengan model bukti kerja Ethereum saat ini, itu pada akhirnya bisa memangkas konsumsi energi rantai dengan lebih dari 10.000 kali lipat.

Kritikan Dampak Lingkungan

Komentar itu hadir di tengah periode kritik yang merajalela terhadap teknologi blockchain untuk dampak terhadap lingkungannya. Termasuk dari beberapa pendukung awal seperti Tesla Elon Musk yang membahas mengenai perusahaan mobilnya yang menerima pembayaran dengan Bitcoin. Dia beralih arah dan mengatakan bahwa penambangan Bitcoin memakan banyak bahan bakar fosil yang tinggi karbon. Sehingga menghapus pembayaran mobil dengan Bitcoin.

Baca Juga:   Swedia Memperpanjang Percontohan CBDC Krona Sampai 2022

Pada penjelasan lainnya, dia juga meminta Dogecoin untuk meningkatkan efisiensinya pada beberapa metrik utama. Buterin langsung memberikan tanggapan komentar mengenai skalabilitas dalam postingan di blog. Dia menjelaskan permasalahan dengan mencoba melakukan penskalaan hanya dengan mengubah parameter di sekitar blocksize.

Pada awal bulan, Buterin berpendapat bahwa penggunaan proof of work Bitcoin yang terus berlanjut, artinya bahwa rantai itu yang saat ini jadi terbesar di dunia, pada akhirnya akan tertinggal karena pengguna semakin menuntut option yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan. Sebuah fenomena yang katanya memungkinkan Ethereum melebihi Bitcoin.

Pada akhirnya Buterin sepertinya setuju dengan kritikan mengenai perlunya blockchain untuk bisa mengadopsi model yang lebih baru dan lebih efisien lagi. Terutama saat rantai tumbuh dalam volume dan menjadi jaringan komputasi yang jauh lebih luas lagi dan sangat bisa diandalkan. Dia memberikan penjelasan bahwa benda yang dia bangun itu bukan hanya sebuah permainan lagi. Itu bahkan merupakan bagian yang sangat penting dari era yang baru dibangun dan berkembang saat ini.

Baca Juga:   Saham Di Perusahaan Penambangan Crypto Riot dan Hive Secara Masif Mengungguli Bitcoin

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.