Note

Proyeksi Ekonomi Jepang Melemah, USD/JPY Berpotensi Bullish

· Views 31

Seputarforex - Dolar AS telah menguat tiga hari beruntun terhadap yen Jepang hingga mencapai level 109.20-an pada awal sesi Eropa hari ini (27/Mei). Pemerintah Jepang memangkas proyeksi ekonomi untuk kedua kalinya dalam tahun ini, karena gelombang keempat COVID-19 telah memaksa banyak wilayah mengetatkan pembatasan sosial lagi. Hal ini menempatkan proyeksi ekonomi Jepang dalam posisi lebih lemah dibandingkan Amerika Serikat.

Proyeksi Ekonomi Jepang Melemah, USD/JPY Berpotensi Bullish Grafik  USD/JPY  Daily via Tradingview.com

Data preliminer untuk GDP Jepang kuartal I/2021 menunjukkan pertumbuhan meleset dari ekspektasi. Data aktual tercatat -5.1 persen, sedangkan ekspektasi konsensus memperkirakan -4.6 persen (annualized). Melesetnya data kuartal pertama kemudian disusul pula oleh pengumuman status darurat di lebih banyak prefektur saat memasuki kuartal kedua dan lambatnya distribusi vaksin COVID-19. Semua ini memperburuk proyeksi ekonomi Jepang ke depan.

Dalam laporan ekonomi terbaru yang dirilis hari ini, otoritas Jepang mengungkapkan terjadinya pelemahan pada sejumlah sektor ekonomi meskipun pemulihan terus berlanjut. Kondisi bisnis dan konsumsi masyarakat kemungkinan paling terdampak oleh gelombang pandemi baru. Pemerintah bahkan menurunkan proyeksi konsumsi swasta yang biasanya mencakup lebih dari setengah GDP Jepang. Saham-saham Nikkei tadi pagi langsung berguguran.

Pada hari Rabu, Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengajukan permohonan untuk memperpanjang status darurat di wilayahnya selama satu bulan lagi dari yang sedianya akan diakhiri pada bulan Mei. Permohonan serupa juga disampaikan oleh pemerintah Osaka.

Di Amerika Serikat, perhatian pasar terpusat pada serangkaian data tenaga kerja dan inflasi yang akan dirilis hari ini dan besok. Dolar AS memperoleh support dari munculnya kembali wacana tapering, sehingga pasar selanjutnya akan memantau apakah data-data mendukung wacana tersebut atau tidak. Penurunan klaim pengangguran dan kenaikan indeks PCE berpotensi mendongkrak dolar AS lebih lanjut terhadap beragam mata uang mayor, sedangkan data-data yang meleset dapat mengerem laju USD.

Proyeksi Ekonomi Jepang Melemah, USD/JPY Berpotensi Bullish

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.