Note

EUR/USD: Mundur Di Atas 1,21 Karena Pemantulan Dolar AS, HICP Jerman, dan PDB AS Dalam Fokus

· Views 40
  • EUR/USD memangkas kenaikan intraday menyusul kenaikannya ke tertinggi baru sejak akhir Februari.
  • Dolar AS memantul dari level terendah dua bulan setelah Biden terdengar keras pada Tiongkok dan Rusia sementara mendesak Kongres untuk meloloskan stimulus.
  • Ekspektasi inflasi AS melonjak ke puncak multi-tahun, menunjukkan kekhawatiran reflasi dan kekuatan Greenback meskipun penolakan Fed terhadap tapering.
  • Inflasi utama Jerman, pembacaan awal PDB Kuartal 1 AS akan menawarkan dorongan baru.

EUR/USD berkurang dari puncak multi-hari ke 1,2130, naik 0,05% intraday saat menjelang sesi Eropa hari ini. Pidato 'Kongres Bersama' pertama Presiden AS Joe Biden mungkin penyebab pullback terbaru pasangan mata uang utama. Selain itu, sentimen hati-hati pasar menjelang angka inflasi utama Jerman dan PDB AS Kuartal 1.

Ketakutan reflasi dan sikap keras Biden menarik kembali USD…

Berdasarkan data terbaru dari Federal Reserve St. Louis, ekspektasi inflasi AS, yang diukur dengan tingkat inflasi impas 10 tahun, melonjak menjadi 2,41% pada hari Rabu untuk mencapai level tertinggi sejak April 2013.

Sementara indikator utama untuk tekanan harga terus merefleksikan kekhawatiran, yang juga mendukung aset safe-haven seperti Dolar AS dan emas, Federal Reserve AS (Fed) mempertahankan kebijakan uang yang mudah. Tidak hanya harapan pelonggaran moneter yang diperpanjang oleh Fed, tetapi stimulus fiskal raksasa Biden juga kemungkinan besar mendorong inflasi lebih jauh ke utara, yang pada gilirannya dapat mengingatkan kembali kekhawatiran reflasi dan pemulihan Dolar AS yang sangat ditunggu-tunggu.

Presiden AS Biden mendesak Kongres agar mengembalikan $ 4,0 triliun pembelanjaannya dan membiarkan warga Amerika terkaya membayarnya. Pemimpin Demokrat itu secara mengejutkan terdengar keras pada Rusia dan Tiongkok selama pidato pertamanya di hadapan pembuat kebijakan AS.

Di halaman yang berbeda, desakan Tiongkok untuk hubungan yang lebih kuat di Asia Selatan dan pengakuan formal Inggris kepada duta besar Uni Eropa (UE) untuk pertama kalinya setelah Brexit mendukung optimisme pasar di tengah kalender tipis di Asia dan di Jepang.

Di tengah permainan ini, saham berjangka tetap menawar tetapi imbal hasil Treasury AS mencari petunjuk baru. Selanjutnya, Indeks Dolar AS (DXY) membalik penurunan awal Asia dan memantul dari level terendah sejak 26 Februari.

Selanjutnya, pembacaan awal Indeks Harmonisasi Harga Konsumen Jerman untuk bulan April, diharapkan tetap tidak berubah sekitar 2,0% YoY, pada awalnya akan menjadi penting karena pembuat kebijakan Jerman telah mencoba memperbarui pembicaraan tapering. Sebelum itu pidato Wakil Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Luis De Guindos dan data sentimen tingkat kedua dapat menawarkan arah menengah untuk harga EUR/USD. Namun, perlu dicatat bahwa prakiraan pertama untuk PDB AS Kuartal 1 akan menjadi kunci karena angka pertumbuhan utama diperkirakan akan melonjak dari 4,3% menjadi 6,5% YoY.

Baca: Pratinjau PDB Kuartal 1 AS: Mengawasi Inflasi Dan FOMC Karena Pemulihan Ekonomi Mulai Meningkat

Analisis teknis

Tidak hanya perdagangan berkelanjutan di luar SMA 100-hari tetapi terobosan sisi atas dari garis resistensi menurun 6 Januari, sekarang support, serta retracement Fibonacci 61,8% dari penurunan Januari-Maret, juga mendukung kenaikan EUR/USD.

Level Teknis EUR/USD

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 1.2126
Perubahan harian hari ini -1
Perubahan harian hari ini % -0.01
Pembukaan harian hari ini 1.2127
 
Tren
SMA 20 Harian 1.1961
SMA 50 Harian 1.1957
SMA 100 Harian 1.2056
SMA 200 Harian 1.1938
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 1.2135
Rendah Harian Sebelumnya 1.2056
Tinggi Mingguan Sebelumnya 1.21
Rendah Mingguan Sebelumnya 1.1943
Tinggi Bulanan Sebelumnya 1.2113
Rendah Bulanan Sebelumnya 1.1704
Fibonacci Harian 38,2% 1.2105
Fibonacci Harian 61,8% 1.2086
Pivot Point Harian S1 1.2077
Pivot Point Harian S2 1.2028
Pivot Point Harian S3 1.1999
Pivot Point Harian R1 1.2156
Pivot Point Harian R2 1.2185
Pivot Point Harian R3 1.2234

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.