Note

Kurs Rupiah Berpotensi Lanjutkan Penguatan Hari Ini (16/11/2021)

· Views 557


Kurs Rupiah Berpotensi Lanjutkan Penguatan Hari Ini (16/11/2021)


Kurs rupiah diproyeksi dapat lanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini (16/11). Dukungan bagi rupiah datang dari sentimen eksternal dan internal.


Sekedar mengingatkan, rupiah spot ditutup menguat 0,12% ke level Rp 14.202 per dolar Amerika Serikat (AS) pada Senin (15/11). Hal yang sama terjadi pada rupiah Jisdor yang juga menguat 0,26% ke level Rp 14.206 per dolar AS.


Analis Monex Investindo Futures Faisyal mengungkapkan, rupiah berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini. Menurut dia, secara sentimen saat ini rupiah sedang diselimuti tren positif baik dari dalam maupun luar negeri.


"Data neraca perdagangan terbaru yang kembali surplus akan mendorong penguatan rupiah. Apalagi, secara tren, indeks dolar AS juga masih volatil dengan kecenderungan melemah," kata Faisyal ketika dihubungi Kontan.co.id, Senin (15/11).


Selain itu dari eksternal, Faisyal menyebut, pasar akan menantikan rilis data ekonomi AS, yakni indeks manufaktur. Jika hasilnya ternyata di bawah ekspektasi, hal ini bisa membuat penguatan rupiah lebih lanjut. Walau menurutnya, kemungkinan besar datanya relatif solid dan akan mendorong indeks dolar AS lebih tinggi.


Kendati begitu, secara keseluruhan menurutnya rupiah masih akan menguat pada perdagangan hari ini. Faisyal pun memperkirakan rupiah akan bergerak pada rentang Rp 14.170 - Rp 14.275 per dolar AS.


Sumber: Kontan

Hak cipta isi berita dimiliki oleh pemilik asli

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.