Note

Market Outlook: Hari ini Diadakan Fed’s Jackson Hole Meeting

Verified Official
· View 160

Hari ini Diadakan Fed’s Jackson Hole Meeting. Pada hari ini, Jumat 27 Agustus, The Fed akan mengadakan Fed’s Jackson Hole Meeting dimana pertemuan yang dilakukan secara virtual ini akan dihadiri oleh beberapa gubernur Bank Central yang paling berpengaruh di dunia, dan para pelaku pasar sedang mengamati apakah Gubernur The Fed, Jerome Powel akan melakukan tapering (pengurangan pembelian asset). Ketakutan akan tapering ini salah satunya muncul akibat dari hasil risalah rapat The Fed pada Juli lalu dimana terdapat 2 kubu yaitu kubu 1 yang menilai bahwa pemerintah sudah mulai bisa mengurangi pembelian $120Miliar asset setiap bulannya mulai tahun ini karena terkait data inflasi dan data ketenagakerjaan AS yang terus membaik, sedangkan kubu lainnya menilai bahwa tapering terlalu dini dan sebaiknya menunggu tahun depan karena dampak dari virus varian delta. Pelaku pasar patut mengamati apa hasil dari pertemuan ini mengingat jika pertemuan ini menghasilkan keputusan akan dilakukannya tapering, maka Indonesia sebagai negara berkembang akan mendapat sentiment negatif dari aksi ini.

IHSG pada Kamis, 26 Agustus 2021 ditutup melemah cukup dalam, -0,9% ke level 6,058 dengan asing melakukan aksi jual bersih Rp273 Miliar baik dipasar regular maupun di pasar negosiasi dengan aksi jual terbanyak ada pada saham ARTO, INKP (JK:INKP), dan FREN dengan saham TLKM (JK:TLKM), BUKA, dan BBCA (JK:BBCA) menjadi saham yang paling banyak dikoleksi oleh asing. Selama satu minggu belakangan, BUKA menjadi top 2 nett buy oleh asing, dengan total beli bersihnya sebanyak Rp328 Miliar dengan harga rata-rata di Rp902.

Selain tiga saham top 3 nett buy di atas, ada juga saham BABP yang sejak diumumkannya akan melakukan aksi right issue pada minggu lalu, saham BABP terus dikoleksi asing hingga kemarin asing sudah beli bersih Rp86 Miliar dengan harga rerata di Rp424. Sekadar mengingatkan, hari ini merupakan keluarnya pernyataan efektif dari OJK terkait rencana right issue BABP.

Hanya dua dari 11 sektor yang ditutup menguat tipis dengan IDXTechno menjadi sektor pemimpin penguatan +0,19% sementara IDXFinance menjadi sektor yang paling melemah, 1,27%.

IHSG Fluktuatif, Cenderung Melemah Terbatas (6,000—6,110). IHSG ditutup melemah pada perdagangan kemarin berada di level 6,058. Indeks berpotensi melanjutkan pelemahannya dan bergerak menuju support level 6,000. Stochastic dan MACD berada pada kecenderungan melemah. Namun jika indeks berbalik menguat dapat menguji resistance level 6,110. Hari ini diperkirakan indeks fluktuatif dengan kecenderungan melemah terbatas.


Diunggah ulang dari investing, semua hak cipta dimiliki oleh penulis asli.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No older comments, be the first to grab the sofa.

login