Note

Market Review & Outlook: IHSG +0,64%, Asing Nett Buy Rp2 Triliun

Verified Official
· View 162

IHSG +0,64%, Asing Nett Buy Rp2 Triliun. Pada hari Jumat, 20 Agustus 2021, IHSG ditutup menguat 0.64% di level 6,031 dengan asing mencatatkan aksi beli bersih Rp156 Miliar baik dipasar regular maupun negosiasi. Pembelian terbesar asing ada pada saham BBCA (JK:BBCA). TLKM (JK:TLKM), dan TBIG (JK:TBIG), sedangkan penjualan terbesar di saham FREN, ARTO, dan BBRI (JK:BBRI).

Jika ditarik data mingguan, maka investor asing sudah mencatatkan aksi beli bersih sebanyak Rp2,177 Triliun dengan saham BBCA, BUKA, dan TLKM menjadi saham yang paling banyak dikoleksi, sedangkan BMRI (JK:BMRI), ASII (JK:ASII), dan BBRI sebaliknya.

BBCA menguat sejak dipublikasikannya portofolio JP Morgan (NYSE:JPM) ASEA Equity Fund, dimana BBCA menempati urutan ke 2 terbanyak di portofolio JP Morgan meski jumlah nya menurun 7,2%. Pun halnya dengan BBRI yang menempati urutan ke 4 sebagai saham paling banyak dikoleksi di portofolio JP Morgan, ASEAN Equity Fund. Sedangkan TLKM mendapat sentiment dari kerjasama yang dilakukan TLKM dengan Microsoft (NASDAQ:MSFT) guna meningkatkan kapabilitas TLKM dalam sektor digital ditambah lagi menangnya TLKM dalam tender penggunaan pita frekwensi radio untuk meningkatkan kapasitas jaringan seluler di Timor Leste.

Tidak ada sentiment yang terlalu memberikan dampak signifikan terhadap pergerakan harga saham domestik pada perdagangan Jumat, 20 Agustus. Namun, Bank Indonesia pada Jumat, 20 Agustus merilis data neraca pembayaran dimana hasilnya minus 400 Juta Euro dari sebelumnya surplus 4,1Miliar Euro. Hal ini mengindikasikan bahwa terjadi defisit pembayaran dimana pengeluaran pemerintah lebih banyak dibanding pemasukan, yang salah satu penyebabnya adalah lebih besar import disbanding ekspor seperti data yang telah dipublikasi oleh Bank Indonesia, Kamis 19 Agustus kemarin.

IHSG Fluktuatif, Cenderung Melemah Terbatas (5,945—6,080). Sempat dibuka melemah di awal perdagangan akhir pekan kemarin, IHSG akhirnya ditutup menguat berada di level 6,030. Indeks juga sempat menguji support level di 5,945 namun belum mampu melewatinya. Hal tersebut memberikan peluang untuk berlanjut menguat menuju resistance level 6,080. Munculnya formasi hammer memberikan peluang adanya penguatan. Hari ini diperkirakan indeks kembali bergerak fluktuatif dengan kecenderungan menguat terbatas.


Diunggah ulang dari investing, semua hak cipta dimiliki oleh penulis asli.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No older comments, be the first to grab the sofa.

login