Note

Tesla Bakal PHK 6.000 Karyawan di AS

· Views 22
Tesla Bakal PHK 6.000 Karyawan di AS
Ilustrasi/Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta

Tesla akan memangkas 6.020 karyawan di Texas dan California, Amerika Serikat (AS). Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ini diumumkan menjelang CEO Tesla, Elon Musk membuat strategi untuk mengatasi penjualan yang menurun.

Dari total 6.020 karyawan yang akan dipangkas, 3.332 di antaranya berasal dari California dan 2.688 dari Texas. Angka ini terungkap dalam pemberitahuan ke negara bagian Texas dan California yang mewajibkan perusahaan dengan 100 karyawan atau lebih untuk memberitahu 60 hari sebelum waktu PHK.

Sebelumnya, Tesla mengumumkan akan memangkas lebih dari 10% tenaga kerja globalnya imbas penurunan penjualan dan perang harga yang semakin intensif di antara para produsen kendaraan listrik. Pemberitahuan tersebut tanpa menyebut jumlah karyawan yang akan terkena dampak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tesla kini telah menciptakan lebih dari 30.000 lapangan kerja manufaktur di California!" kata Musk dalam sebuah postingan di platform media sosialnya X dikutip dari Reuters, Rabu (24/4/2024)

PHK di Texas merepresentasikan 12% dari total tenaga kerja Tesla sebanyak 22.777 orang di Austin, tempat pabrik gigafactory dan kantor pusat Tesla. Selain itu, PHK juga bakal mencakup 285 karyawan di Buffalo, New York, tempat tim pelabelan untuk perangkat lunak bantuan pengemudi autopilot. Tim itu bertugas untuk mengisi perangkat pengisian bahan bakar Tesla.

ADVERTISEMENT

Jumlah karyawan Tesla mencapai lebih dari 140.000 pada akhir tahun lalu, naik dari 100.000 pada 2021.

Tesla telah membatalkan mobil murah yang telah lama dijanjikan dengan harga US$ 25.000. Mobil ini menjadi andalan investor untuk mendorong pertumbuhan pasar massal.

Dalam memperbarui modelnya, Tesla kalah dengan pesaingnya di China. Pesaingnya telah meluncurkan model yang lebih murah.

Para konsumen juga semakin memilih untuk membeli kendaraan hibrid yang lebih murah dan menawarkan jarak tempuh yang lebih jauh.

(ara/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.