Note

Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah ke Rp15.690 per USD, Berikut Sentimen Pemicunya

· Views 36
Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah ke Rp15.690 per USD, Berikut Sentimen Pemicunya
Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah ke Rp15.690 per USD, Berikut Sentimen Pemicunya. Foto: MNC Media.

IDXChannel- Nilai tukar (kurs) rupiah sore ini, Senin (18/3/2024) ditutup melemah 91 poin ke level Rp15.690 per USD. Mata uang Garuda melemah 91,5 poin atau 0,59 persen dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya di Rp15.599 per USD.

Pengamat pasar uang, Ibrahim Assuaibi, mengatakan indeks dolar AS menguat setelah data inflasi AS membuat para pelaku pasar waspada terhadap kemungkinan hawkish dari The Fed.

Baca Juga:
Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah ke Rp15.690 per USD, Berikut Sentimen Pemicunya Rupiah Keok di Hadapan Dolar AS Jelang Pertemuan The Fed

Sementara data upah yang positif dan inflasi yang tinggi memicu spekulasi massal mengenai apakah Bank of Japan (BOJ) akan mengakhiri kebijakan ultra-longgarnya pada minggu ini.

"Pertemuan Fed menunggu isyarat penurunan suku bunga lebih lanjut. Indeks dolar dan indeks dolar berjangka sedikit bergerak di perdagangan Asia pada hari Senin, stabil di dekat level tertinggi dua minggu dengan fokus pada kesimpulan pertemuan dua hari Fed pada hari Rabu," tulis Ibrahim dalam risetnya, Senin (18/3/2024).

Baca Juga:
Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah ke Rp15.690 per USD, Berikut Sentimen Pemicunya Tunggu Rapat The Fed, Harga Emas Rehat Sejenak dari Rekor

Meskipun The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunganya, setiap sinyal mengenai rencana penurunan suku bunga pada 2024 akan diawasi dengan ketat. 

Namun, bank sentral juga mungkin akan mengambil tindakan yang lebih hawkish daripada yang diharapkan pasar, terutama karena data terbaru menunjukkan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan pada Februari 2024.

Baca Juga:
Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah ke Rp15.690 per USD, Berikut Sentimen Pemicunya Bursa Asia Dibuka Beragam di Awal Pekan Jelang Pertemuan The Fed

Kemudian, spekulasi berakhirnya kebijakan suku bunga negatif dan pengendalian kurva imbal hasil BOJ. BOJ memulai pertemuan dua harinya pada hari Senin, dengan pengumuman keputusannya pada Selasa.

Namun, para analis masih belum sepakat mengenai apakah BOJ akan menaikkan suku bunga pada Maret atau April, dengan konsensus umum sedikit condong ke arah kenaikan suku bunga pada April. 

BOJ diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 20 basis poin menjadi 0,1% dari negatif 0,1%.

Dari sentimen domestik, surplus neraca perdagangan Indonesia diperkirakan berpotensi terus menyempit sepanjang tahun ini. 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat surplus neraca perdagangan Indonesia pada Februari 2024 mencapai USD870 juta, lebih rendah dari bulan sebelumnya sebesar USD2,02 miliar.

Surplus yang berlanjut hingga Februari 2024 bukanlah kondisi yang sehat. Hal ini tercermin dari penurunan pertumbuhan ekspor yang lebih besar dibandingkan dengan impor. Tercatat, ekspor Februari 2024 turun sebesar 5,79%, sementara impor turun 0,29% secara bulanan.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

pertamax

-THE END-