Note

OJK: Enam Sekuritas Bakal Jadi Pilot-Project Single Stock Futures di Kuartal I-2024

· Views 32
OJK: Enam Sekuritas Bakal Jadi Pilot-Project Single Stock Futures di Kuartal I-2024
OJK: Enam Sekuritas Bakal Jadi Pilot-Project Single Stock Futures di Kuartal I-2024. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap ada 6 perusahaan sekuritas yang telah siap berpartisipasi dalam perdagangan awal produk Single Stock Futures (SSF) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Saat ini kesiapan dari anggota bursa sudah terdapat 16 anggota bursa (AB) menyatakan minat, dan 6 AB telah siap untuk piloting, 1 AB bersedia jadi liquidity provider,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon dan Anggota Dewan Komisioner OJK, Inarno Djajadi, dalam konferensi pers, Senin (4/3/2024).

Baca Juga:
OJK: Enam Sekuritas Bakal Jadi Pilot-Project Single Stock Futures di Kuartal I-2024 Single Stock Futures Cocok untuk Investor Jangka Pendek, Ini Kata BEI

Saat ini proses penerbitan, masih menunggu sejumlah mekanisme pendukung, khususnya integrasi peraturan dari PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) untuk mengakomodir proses bisnis produk derivatif tersebut.

Efisiensi pembukaan rekening melalui PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) juga menjadi inovasi regulator, dari yang menggunakan rekening bank menjadi sub-rekening efek nasabah.

Baca Juga:
OJK: Enam Sekuritas Bakal Jadi Pilot-Project Single Stock Futures di Kuartal I-2024 BEI Ajak AB Derivatif Promosikan Single Stock Futures

Secara terpisah, Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan perusahaan sekuritas sedang dalam proses perizinan dan sistem. Nantinya, mekanisme perdagangan akan didukung BEI melalui IDX Solusi Teknologi Informasi,

Adapun target penerbitan produk yang juga disebut Kontrak Berjangka Saham (KBS) itu masih sesuai jadwal, yakni pada kuartal I-2024.

Baca Juga:
OJK: Enam Sekuritas Bakal Jadi Pilot-Project Single Stock Futures di Kuartal I-2024 Single Stock Futures Cocok untuk Investor Jangka Pendek, Ini Kata BEI

“Persiapan yang sedang berjalan adalah persiapan AB dari sisi sistem maupun perizinan,” papar Jeffrey.

(SLF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.