Note

Perluas Layanan Tes Genomik, Prodia (PRDA) dan Brawijaya Healthcare Resmikan Genomic Centre

· Views 36
Perluas Layanan Tes Genomik, Prodia (PRDA) dan Brawijaya Healthcare Resmikan Genomic Centre
Prodia)dan Brawijaya Healthcare Group meresmikan Genomic Centre. (Dinar Fitra Maghiszha/MPI)

IDXChannel - Emiten kesehatan PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) dan Brawijaya Healthcare Group (Brawijaya Hospital & Clinic) meresmikan Genomic Centre.

Langkah ini merupakan upaya perseroan dalam memperluas layanan pemeriksaan atau tes genomik, sekaligus kelengkapan pemeriksaan penunjang atau personalized medicine pasien.

Baca Juga:
Perluas Layanan Tes Genomik, Prodia (PRDA) dan Brawijaya Healthcare Resmikan Genomic Centre Prodia (PRDA) Bangun Laboratorium Stem Cell Senilai Rp100 Miliar 

Direktur Utama PRDA, Dewi Muliaty, mengatakan kemitraan ini menempatkan PRDA sebagai penyedia konselor genomik, dan memberikan informasi terkait pemeriksaan genomik kepada pasien dan dokter di Brawijaya Hospital Saharjo.

Tak hanya itu, analisis pemeriksaan genomik akan dilakukan hingga hasil final yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola kesehatan berdasarkan profil genomik masing-masing individu. 

Baca Juga:
Perluas Layanan Tes Genomik, Prodia (PRDA) dan Brawijaya Healthcare Resmikan Genomic Centre Pendapatan Naik, Laba Prodia (PRDA) Tergerus 14,36 Persen di Kuartal III-2023

"Melalui kerja sama ini, kedua belah pihak akan memberikan layanan konsultasi pra dan pasca pemeriksaan genomik. Mulai dari skrining terkait risiko penyakit, upaya pencegahan, onkologi, diagnosis, dan pengobatan yang tepat kepada pasien," kata Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty, di Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Dewi menuturkan sinergi kedua entitas dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Baginya, pendekatan melalui Genomic Centre dapat menjawab kebutuhan pasien dan dokter dalam menangani penyakit ataupun memelihara kesehatan pasien.

"Harapannya ke depannya kerjasama ini akan meningkatkan pelayanan kesehatan di dalam negeri yang bertaraf Internasional di era pengobatan yang presisi ini," kata dia.

Sementara itu, salah satu pendiri Brawijaya Healthcare Group Chamim mengatakan,  kolaborasi dengan Prodia merupakan pencapaian besar yang sudah menjadi cita-cita besar para founder. 

"Mulai tanggal 1 Februari 2024, layanan Genomic Center yang berada di Brawijaya Hospital Saharjo ini dapat diakses oleh masyarakat luas dan memberikan layanan konsultasi sebelum dan sesudah pemeriksaan genomik," katanya.

Untuk diketahui, Prodia merupakan emiten kesehatan pertama yang melakukan pemeriksaan berbasis genetik dengan meluncurkan Prodia Genomics sejak tahun 2018. Hal ini untuk melengkapi layanan diagnostik kesehatan perseroan, mulai dari pemeriksaan untuk mendeteksi risiko penyakit, gaya hidup, hingga pengobatan bagi pasien. 

(NIY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.